Halo brosist, akhir-akhir ini penggunaan sneakers sedang trend. Pasti di antara kalian ada yang sedang mencari-cari sebuah sneakers idaman yang harganya oke dan yang pastinya original donk. Namun mungkin akan timbul pertanyaan di benak kalian. Bagaimana nih membedakan sneakers original dengan yang replika atau sering kita sebut KW… Tenang brosist, artikel ini akan membahas tips untuk membedakan atau mengenali apakah sepatu tersebut Asli (Original) atau Replika (KW). Yuk, langsung kita bahas beberapa tips untuk membedakanya.

Mengerti Istilah Dagang

Sebenarnya secara garis besar sneakers hanya dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan asalnya yaitu ORIGINAL (Resmi diproduksi oleh pabrik yang ditunjuk oleh Brand tersebut) dan REPLIKA (Diproduksi secara ilegal menggunakan bahan yang berbeda dari yang asli). Tapi kok kita sering mendengar istilah KUALITAS PREMIUM, KW SUPER, REPLIKA ORIGINAL, GRADE ORI, IMPORT STANDARD AUTHENTIC, STANDARD ORIGINAL, dll. Hal tersebut hanyalah istilah dagang agar sepatu REPLIKA tersebut terdengar tidak seperti sepatu murahan. Nah kan kalian baru sadar udah dibohongin sama penjual. Jangan terkecoh lagi yah brosist sepatu palsu yah palsu, asli ya asli.

Negeri Asal Sepatu Diproduksi

Banyak banget nih, yang nanya kepada kami sepatu yang original made ini apa? Lucu juga sih yang nanya seperti ini. Pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu original atau bukan, tidak bisa kita lihat dari asal negeri pembuatanya. Bahkan pembuatan sepatu yang original dan replika bisa berasal dari negeri yang sama, tapi pasti beda dong bahan, pabrik dan quality controlnya. Faktanya sepatu Nike dan Adidas diproduksi di berbagai negeri di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, Kambodja, dll.

Box atau Dus Sepatu

Semua sepatu yang diimport dan didistribusikan oleh Brand Principle atau pemegang brand resmi, pasti memiliki box dalam pengemasanya. Box sepatu tersebut bisa berbeda-beda bentuk, warna, dan bahanya. Contohnya saja sepatu Nike atau Adidas memiliki beberapa jenis box sepatu berdasarkan tipe sepatunya. Jadi ada banyak macam dus yang digunakan oleh Nike atau Adidas. Terus gimana donk bedaiin sepatu original dan replika berdasarkan dusnya? Setiap sepatu original pasti memiliki KODE PRODUK, STIKER IMPORTER, CARA PERAWATAN & PENGGUNAAN PRODUK. Selain itu juga biasanya pada box tersebut terdapat cap bahwa produk tersebut lulus Quality Control. Apabila kalian membeli sepatu dengan box sepatu tidak seperti deskripsi diatas, mungkin kalian perlu mencurigainya.

Salah satu contoh box sepatu nike

Salah satu contoh box sepatu Nike


Kode Produk pada Box Sama Seperti Kode pada Tag Sepatu

Setiap sepatu original pasti memiliki tag (biasanya berada lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu bagian samping) yang memberikan informasi kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Nah kode dan ukuran tersebut harus sesuai dengan informasi pada box sepatu. Kalau berbeda? ati-ati replika brosis 😀

Aroma Sepatu

Ternyata aroma sepatu dapat menandakan apakah sepatu tersebut original atau replika. Sneakers Nike atau Adidas original solenya terbuat dari karet berkualitas . Dengan menggunakan indra penciuman kita sepatu original akan berbau seperti karet, namun sepatu replika akan memiliki bau menyengat seperti lem dan keras seperti plastik.

Insole Sepatu

Sebagian besar sepatu Adidas dan Nike yang original memiliki insole. Biasanya insole sepatu original  terbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki kita berpijak akan terbuat dari kain yang bahanya sangat halus. Insole pada sepatu original akan dibuat dengan sangat mendetail.

Salah satu contoh insole KOBE A.D Menggunakan teknologi Lunarlon dan Nike Zoom

Salah satu contoh insole KOBE A.D NXT Menggunakan teknologi Lunarlon dan Nike Zoom

Build Quality

Qualitas pembuatan sepatu original sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang dapat kita lihat pada bagian jahitan. Jahitan pada sepatu original lebih rapih dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika. Namun bagi beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk membedakan jahitan yang original dengan yang palsu tanpa membandingkannya secara langsung.

Harga

Sepatu original memiliki harga yang relatif lebih mahal dan setiap model memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu replika yang biasanya penjual sepatu replika memukul rata harga setiap model sepatu.

Teknologi

Bagian-bagian tertentu pada sepatu original akan memilki teknologi agar sepatu tersebut nyaman dipakai oleh penggunanya. Beberapa nama teknologi yang sering digunakan oleh Nike dan Adidas pada sepatunya seperti Air Max, Lunarlon, Boost, Bounce, dll. Berbeda dengan sepatu palsu yang hanya mementingkan penampilan luar tanpa memperhatikan kualitas dan kenyamanan sepatu tersebut.

Teknologi Sepatu AJ XX9 (Flight Plate dan Nike Zoom)

Teknologi pada midsole sepatu AJ XX9 (Flight Plate dan Nike Zoom)

Reputasi Penjual 

Jika brosist akan melakukan transaksi secara online, pastikan membaca review tokonya dari para customer yang sudah melakukan transaksi. Atau jika brosist datang langsung ke NCR Sport yang berada di Jalan Gatot Subroto No. 211 Bandung, brosist bisa melihat sertifikat asli Authentic Reseller NCR Sport dari pihak Nike.

Jadi bisa dijamin brosist akan mendapatkan sepatu original jika membeli di NCR Sport😁

Coba kepoin ncrsport.com aja dulu, pasti brosist makin ingin beli sneaker baru! hehe

 

Sumber Gambar : Nike

Categories: Tips dan Trick