Halo Bro n Sist. apakah sepatu basket kalian cepat rusak ketika digunakan di outdoor, apa lagi bagian outsolenya cepat habis? Salah satu faktornya ialah kalian salah memilih jenis sepatu basket. Nah biar ga salah pilih lagi kita kasih beberapa tips untuk memilih sepatu basket berdasarkan lapangannya.

Karet outsole sepatu

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah bagian karet pada outsole sepatu. Karet outsole biasanya terbuat dari solid rubber atau translucent rubber (karet yang transparan). Kedua jenis karet tersebut tetap memiliki performa yang baik di lapangan outdoor asalkan, kedua jenis karet tersebut memiliki kepadatan yang tebal. Karet outsole dengan kepadatan yang lebih tebal pastinya memiliki durabilitas yang lebih lama daripada karet outsole dengan kepadatan yang lebih tipis. Terus gimana donk kita bisa membedakan kepadatan pada karet tersebut? Tenang Bro n Sist kita akan kasih tau beberapa caranya dibawah.

  • Lihat pada tag sepatu mengenai informasi karet yang digunakan, biasanya sepatu Nike yang memiliki karet dengan kepadatan yang tebal akan memberikan tag XDR (Extra Durable Rubber).
  • Baca, bertanya atau tonton review sepatu pada sumber yang terpercaya ya (Ke admin ncrsport juga bisa :D)
  • Gunakan jari untuk membedakan seberapa padat karet tersebut. Raba karet pada outsole sepatu dengan jari kalian. Apabila karet terasa lentur dan tipis, maka karet tersebut memiliki kepadatan yang tipis.

Rata-rata sepatu  dengan karet outsole yang lentur dan akan memiliki traction yang baik pada lapangan kayu / indoor. Tapi, sepatu tersebut biasanya memiliki durabilitas dan performa yang buruk pada lapangan outdoor. Sebaliknya, sepatu dengan karet outsole yang terasa kaku dan keras serta memiliki kepadatanya yang lebih tebal akan memiliki durabilitas yang lebih baik ketika digunakan di lapangan outdoor.

Pola karet pada outsole

Setelah kita dapat membedakan kepadatan karet outsole, selanjutnya kita dapat membandingkan pola pada karet outsole sepatu. Untuk mencari sepatu yang memiliki durabilitas yang lama pilihlah sepatu dengan pola karet yang datar dan tebal. Hal ini dikarenakan pola tersebut memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan karet berpola agresif dan lancip. Akan tetapi, pola karet agresif dan lancip biasanya akan memiliki traction yang lebih baik bila digunakan di lapangan kayu / indoor. Keduanya ada nilai positif dan negatifnya Bro n Sist.

Perbanding antara outsole Lebron 15 vs Lebron Soldier XI

Perbandingan antara outsole Lebron 15 vs Lebron Soldier XI

Ventilasi pada sepatu

Ketika ingin memilih sepatu basket untuk digunakan pada lapangan outdoor, pilih sepatu yang memiliki ventilasi yang baik. Karena ketika bermain di lapangan outdoor suhu udara akan lebih ekstrim daripada di dalam ruangan. Sepatu yang memiliki ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara dan suhu di dalam sepatu lebih stabil. Ketika digunakan di lapangan outdoor sepatu tersebut akan tetap nyaman.

Sepatu Lebron Witness II berbahan mesh

Sepatu Lebron Witness II berbahan mesh

Material pada sepatu

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemilihan material yang digunakan pada bagian upper sepatu. Pilihlah sepatu dengan material yang nyaman dan kuat. Material yang direkomendasi seperti synthetic leather, TPU (thermoplastic polyurethane), Knit (Rajutan).

Signature Shoes

Mungkin kalian ada yang bingung, kok jenis signature shoes perlu dipertimbangkan ketika membeli sepatu untuk bermain outdoor? Pada dasarnya sepatu signature shoes dirancang untuk pemain NBA. Pemain NBA hanya bertanding di lapangan kayu, jadi masuk akal para vendor sepatu akan memaksimalkan sepatu tersebut ketika digunakan di lapangan kayu daripada digunakan di lapangan outdoor. Tapi karena tidak semua orang bisa bermain dilapangan indoor biasanya vendor sepatu membuat versi take down dari signature shoes  atau adaptasi dari sepatu tersebut. Hal ini bertujuan agar Bro n Sist dapat menggunakan signature shoes di lapangan outdoor. Contohnya Lebron Soldier, Kd Trey, Kobe venomenon, dll

Beberapa contoh sepatu takedown Nike

Beberapa contoh sepatu takedown Nike

Sumber Gambar : Nike, Streetball Madness