Halo Bro dan SIst! Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang :D. Apabila ingin menyayangi sneakers kita maka kita harus terlebih dahulu mengenal sepatu kita. Kali ini NCRSport akan membahas istilah-istilah pada anatomi sneakers kalian. Mungkin istilah bagian sepatu itu sangat banyak. Namun kali ini kita akan membahas istilah bagian sepatu yang sering digunakan dan penting untuk diketahui.

Anatomi Sepatu

Anatomi Sepatu

Pada Gambar “Anatomi Sepatu” Bro dan Sist dapat melihat istilah pada bagian sepatu. Kita akan membahas satu persatu istilah tersebut

  1. Tongue, atau dalam bahasa Indonesia ialah lidah. Menurut kami bagian ini disebut lidah dikarenakan bagian tersebut menjulur panjang seperti lidah dan dapat digerakan. Lidah sepatu ini biasanya dibuat agar kita lebih mudah memasukan kaki kita kedalam sepatu.
  2. Collar, atau dalam bahasa Indonesia ialah kerah. Bagian ini disebut kerah dikarenakan bentuk dan fungsinya seperti kerah baju yang menutupi leher. Namun bedanya pada kerah sepatu menutupi mata kaki kita.
  3. Heel Counter, bagian sepatu yang disebut counter heel ini berada pada bagian belakang sepatu. Heel Counter ini berfungsi untuk menyangga dan menutupi tumit kita.
  4. Shoe Lace, atau yang kita sebut tali sepatu. Mungkin kalian sendiri sudah mengerti fungsi dari tali sepatu ini 😀
  5. Quater Panel, bagian ini berada pada samping sepatu.
  6. Toe Box, ialah tempat dimana jari-jari kaki kita berada.
  7. Overlays, ialah sebuah lapisan lebih pada sepatu yang fungsinya memperindah sepatu dan memberikan fungsi proteksi terhadap sneakers kita. Namun overlays sendiri tidak dimiliki oleh semua sepatu.
  8. Midsole, ialah bagian sepatu yang berada dibagian bawah namun berada di atas oustole. Biasanya pada bagian oustole ini diaplikasikan teknologi-teknolgi yang berfungsi meredam tekanan yang dihasilkan ketika kita berjalan. Seperti pada sepatu AJ1 tersebut menggunakan teknologi Nike AIR.
  9. Oustole, ialah bagian sepatu paling bawah. Bagian sepatu ini paling sering bergesekan dengan tanah agar, dan berfungsi membuat sepatu yang kita pijak tidak licin.

Nah gimana Bro dan Sisy, sekarang sudah lebih banyak tahu kan mengenai bagian-bagian pada sneakers kalian? Langkah selanjutnya untuk mencintai sneakers kalian dengan cara merawatnya dengan baik yah :).

Sumber Gambar : Nike, Stephen Ward

Categories: Istilah