Watsup bro and sist, kali ini kita akan membahas Nike Zoom Air. Nike Zoom Air adalah teknologi yang sering kita temukan didalam midsole sepatu Nike. Tapi apakah kalian tahu bagaimana kerja dan fungsi dari Nike Zoom Air ini? Mari kita bahas lebih dalam mengenai Nike Zoom Air.

Nike Zoom Air diperkenalkan oleh Nike akhir tahun 90 an. Untuk debutnya Nike Zoom Air ditanamkan pada 3 model sepatu Nike yaitu Nike Air Marauder sepatu football,  Nike Air Go LWP sepatu basket, dan, Nike Air Zoom LWP Sepatu running. Walau Nike Zoom Air diperkenalkan sejak tahun 90an namun teknologi ini masih digunakan dan terus dikembangkan hingga sekarang.  Fungsi dari Nike Zoom Air ini, sama seperti bantalan lainya, yaitu untuk meredam dampak getaran ketika kaki kita menapak di tanah

Nike Zoom Air adalah evolusi dari Teknologi Nike Air. Berbeda dengan saudaranya Nike Air, Nike Zoom Air memiliki serat untuk menopang Air Unit. Ketika Air Unit ini diberi penekanan maka serat di dalam Air Unit akan merenggang. Serat inilah yang membuat Nike Zoom Air menjadi lebih responsif daripada Nike Air. Setiap kali kaki seorang atlet menginjak Air Unit , maka serat pada Air Unit akan menahan tekanan. Air unit dan serat didalamnya akan meloncat kembali kebentuk semula, dan menghasilkan ‘energy return’ dan respon yang kuat dari tanah. Gambar “Nike Zoom Air” dibawah memperlihatkan anatomy dari Nike Zoom Air yang terdiri dari Air Unit dan serat berwarna kuning.

"Nike Zoom Air"

“Nike Zoom Air”

Nike Zoom Air memiliki Air Unit yang lebih tipis daripada saudaranya Nike Air biasa. Oleh karena itu sepatu yang menggunakan Nike Zoom Air tidak memerlukan ruang yang besar untuk menaruh Nike Zoom Air ini. Hal ini memberi keuntungan agar kaki kita lebih dekat dengan tanah dan meningkatkan kestabilan kaki, terutama ketika kita melakukan gerakan cepat atau gerakan kesegala arah. Nike Zoom Air ini juga dirancang untuk bermacam-macam olahraga yang memerlukan kecepatan.

Beberapa sepatu Nike yang menggunakan Nike Zoom antara lain :

Setelah pembahasan diatas mungkin kalian mulai bertanya apakah cushioning nike zoom paling baik? Jawabanya bergantung pada kebutuhan dan kenyamanan bro and sist. Karena kenyamanan sifatnya relatif dan bergantung cocok atau tidaknya dengan kaki bro and sist masing-masing 🙂 Semoga informasi ini bermanfaat!

 

 

Categories: Teknologi