Seiring berkembangnya zaman, segalanya pun semakin berkembang. Tak terkecuali pada teknologi sepatu. Beberapa waktu lalu, perusahaan sepatu terkenal di dunia—Nike, merilis sepatu pertama dengan teknologi self-lacing, atau sepatu dengan tali sepatu yang dapat mengencang sendiri.

Nah, bagaimana sih cara kerja sepatu ini sampai bisa mengencangkan tali sendiri?
Dengan adanya sensor pada bagian tumit, membuat Nike HyperAdapt 1.0–sepatu pertama dengan teknologi self-lacing–dapat mendeteksi apabila kaki pemakai telah menginjak ke sole, dan setelahnya, sistem akan secara otomatis mengencangkan tali sepatu.

 

Source: news.nike.com

 

Tidak hanya bisa mengetat secara otomatis, Nike HyperAdapt 1.0 juga dilengkapi dengan dua tombol di bagian samping untuk mengencang dan melonggarkan, sehingga pemakai dapat menyesuaikannya hingga sempurna.

Menurut Hatfield—perancang Adaptive Lacing—teknologi ini adalah inovasi masa depan yang sangat baik dan berguna bagi para atlet. Selain karena sepatu ini dapat memenuhi pergerakan sesuai yang dibutuhkan secara real-time, para atlet juga tidak akan mendapatkan gangguan yang merepotkan, contohnya seperti harus mengikat tali sepatu karena terlepasnya tali sepatu di saat yang tidak tepat. Sehingga memudahkan atlet untuk bergerak lebih leluasa.

Nike Adaptive Lacing adalah terobosan nyata dalam sepatu dengan teknologi masa depan yang berguna untuk lebih memudahkan siapapun yang menggunakannya, terlebih untuk para atlet yang memerlukan sepatu yang pengertian untuk aktifitas olahraga mereka.

Nike HyperAdapt 1.0 telah dirilis pada tanggal 28 November 2016 di Amerika Serikat dengan harga retail $720,00.

 

Source: news.nike.com

Categories: Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *