Sebagai brand pertama yang officialy menjadi sepatu basket, Converse merilis edisi khusus sebagai penghormatan kepada atlit-atlit basket 70 tahun lalu. Ini adalah atlit-atlit basket yang pertama kali “Breaking Down Barriers” just like it’s name, it means mendobrak batasan yang ada.

Nah atlit siapa aja dan batasan apa sih yg didobrak para atlit ini sampai dibikin edisi khususnya? Let’s find out!

 

Boston Celtics


Yang pertama ini adalah yang warna hijau si Boston Celtics!
Warna hijau ini paying homage to Charles “Chuck” Cooper, jadi waktu tanggal 25 April 1950 beliau terpilih sebagai pemain African-American yang pertama kali terdaftar di 13 orang yg masuk list draft NBA celtics. Owner dari Celtics ini sempat ditanya dulu brosist, apakah beliau tau kalo Chuck Cooper ini ras kulit hitam, dan jawabannya adalah “Saya tidak peduli apakah dia belang atau kotak-kotak atau polkadot, Boston membawa Charles Cooper dari Duquesne!” Keren ya!

New York Knicks


Yang warna biru ini merepresentasikan team Knicks, nama atlitnya adalah Natalie Clifton atau Nat Clifton. Atlit African-American pertama yang menandatangani kontrak dengan New York Knickerbockers. Nat Clifton berhasil membawa Knicks ke final pada saat masih jadi rookie tuh, dan pada tahun 1957 Clifton masuk ke list NBA All-Star di umur 34 tahun.Wow proud!

 

Washiongton Capitols

Warna hitam ini si sexy, adalah pay homage to Earl Lloyd dari Washington Capitols. Dia adalah African-American pertama yang bermain di laga NBA, di tahun 1950. So, it’s pretty historical ya tahun 1950, karena semuanya terjadi di tahun yang sama.

Oke pada dasarnya sih, ras atau warna kulit ini ngga mempengaruhi prestasi ya brosist, terbukti ketiganya ngga cuman mendobrak aja sebagai atlit ras kulit hitam pertama di NBA tapi juga berprestasi.

 

Untuk review lebih lengkap, brosist bisa tonton versi videonya dari tim NCR Media. Enjoyy!