Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio yang menyehatkan. Ada banyak manfaat bersepeda yang bisa kamu dapatkan, mulai dari melancarkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Rajin bersepeda dapat memberikan peningkatan pada otot kaki, paha, ujung belakang, dan pinggul.ย Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bersepeda bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Nah ini dia beberapa manfaat sepeda yang perlu brosist ketahui.

1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Rutin dalam bersepeda ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda adalah salah satu olahraga aerobik yang sangat baik untuk tetap menjaga kesehatan jantung dan kestabilan aliran darah.

Detak jantung akan berdetak lebih kenyang ketika sedang mengayuh sepeda daripada kecepatan normal. Dengan rutin bersepeda, brosist dapat juga menurunkan kadar lemak dalam darah dan membuat otot-otot jantung menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Bersepeda mampu meningkatkan aliran darah daam otak hingga sekitar 28 persen dan 70 persen di area tertentu. Aktivitas ini dapat menyehatkan otak dan memperkecil kemungkinan untuk terkenda dimensia di kemudian hari.

Bersepeda mampu mambangun sel-sel otak baru di hippocampus (daya ingat). Aliran oksigen dan aliran darah ke sel-sel otak meningkat sehingga mampu memiliki resiko rendah mengalami penyakit Alzheimer.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pembakaran kalori yang terjadi saat bersepeda akan semakin optimal dengan banyaknya keringat yang bercucuran. Keringat mengindikasikan adanya proses pembakaran dalam tubuh. Jadi, semakin rutin brosist bersepeda, semakin banyak pula kalori yang terbakar di dalam tubuh.

Bersepeda dalam satu jam ternyata bisa menghasilkan pembakaran kalori sekitar 400 sampai 1.000 kalori. Proses pembakaran ini bisa mencegah brosist dari obesitas.

Tidak hanya kalori, lemak yangย tertimbun dalam tubuh juga akan ikut terbakar. Hal ini yang menjadikan sepeda salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ketika brosist bersepeda, tubuh akan secara otomatis memproduksi hormon endorphin. Hormon ini dapat memicu suasana hati yang bahagia dan positif. Berfokus pada jalan saat brosist bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan saat ini, serta membantu meningkatkan kesehatan mental.

5. Mengurangi Resiko Diabetes

Kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi penyebab brosist terkena penyakit Diabetes. Rutin menerapkan pola makan yang sehat dan bersepeda dengan 30 menit per harinya dapat meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes sekitar 40 persen.

Nah, itulah lima manfaat bersepeda yang baik untuk kesehatan fisik dan mental tubuh brosist. Dengan berolahraga rutin dapat membantu memiliki tubuh yang bugar dan mengurangi resiko resiko berbagai penyakit.

Kurang lengkap rasanya kalau bersepeda tidak didukung oleh sport equipment yang pas. Klikย text iniย untuk mendapatkan sport equipment yang pas sesuai selera brosist ya!***


Rezkyanto Pramadhika

๐’๐ก๐จ๐ž๐ฌ ๐’๐ฉ๐ž๐š๐ค ๐‹๐จ๐ฎ๐๐ž๐ซ ๐“๐ก๐š๐ง ๐–๐จ๐ซ๐๐ฌ