Siapa yang tidak kenal Nike? Brand olahraga legendaris asal Amerika Serikat yang sering mensponsori atlet dan tim olahraga ternama di dunia ini ternyata genap berumur 56 tahun.

Nike merupakan salah satu brand olahraga terbesar dan terlaris di dunia yang setiap tahunnya mampu menjual sekitar 900 juta produk. Bahkan pada tahun 2018 yang lalu, Nike masuk ke dalam daftar fortune 500, sebagai salah satu perusahaan dengan pendapatan tahunan tertinggi di dunia.

Nah selain fakta-fakta Nike di atas, masih banyak fakta menarik lainnya seputar Nike, yang perlu brosist ketahui. Yuk, simak ulasan mimin berikut ini!

1. Nike didirikan oleh seorang atlet dan pelatihnya

Brand Nike didirikan oleh seorang atlet atletik bernama Phil Knight, dan pelatihnya yaitu Bill Bowerman pada tahun 1964. Sebelum dikenal dengan nama Nike seperti sekarang ini, brand olahraga tersebut bernama Blue Ribbon Sport (BRS) dan dioperasikan sebagai distributor untuk pembuat sepatu Jepang, Onitsuka TIger.ย Nah, baru pada tahun 1971, perusahaan tersebut kemudian berganti nama menjadi “Nike”, yang dalam mitologi Yunani berarti dewi, dan kemenangan.

2. Logo Nike didesain oleh mahasiswa Portland State Universityย 

Logo ikonik Nike yaitu swoosh dirancang oleh seorang mahasiswi dari Portland State University, yaitu Carolyn Davidson. Yang menariknya, logo tersebut dibeli hanya dengan harga 35 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 470 ribu. Selain itu, Phil Knight selaku pendiri Nike juga memberikan cincin berlian dengan logo Nike pada Carolyn Davidson.

3. Jeff Johnson adalah karyawan pertama Nike

Untuk yang masih penasaran, siapa sih karyawan pertama Nike? Jawabannya adalah Jeff Johnson. Johnson ternyata adalah orang dibalik nama Nike. Phil Knight dan Bill Bowerman yang mendirikan Nike, tapi ternyata orang pertama yang mereka rekrut untuk karyawan adalah Johnson ya.

4. Pemain tenis Rumania adalah atlet pertama Nike

Dikenal sebagai brand olahraga yang banyak bekerja sama dengan atlet dan tim olahraga ternama di dunia, salah satunya yaitu Michael Jordan, yang merukapan salah satu pemain terbaik dan legenda NBA. Tapi, taukah brosist kalau Jordan bukanlah atlet pertama yang bekerja sama dengan Nike?

Nah, atlet pertama yang bekerja sama dengan Nike adalah pemain tenin dari Rumania, yaitu Illie Nastase. Illie Nastase bekerja untuk mempromosikan Nike mulai dari tahun 1972.

5. Gary Gilmore adalah sosok dibalik slogan Just Do It

Pada tahun 1980, Nike menggandeng perusahaan periklanan Wieden & Kennedy dari Portland, Amerika Serikat, untuk membuat promosi baru demi memperluas daya tarik produknya.

Saat mendapat proyek itu, Wieden mencari slogan yang pas untuk Nike. Dan insipirasinya datang dari kisah pembunuh berantai terkenal di Amerika Serikat yaitu Gary Gilmore.

Gary Gilmore ternyata punya kata-kata terakhir sebelum ia di eksekusi sekitar tahun 1977, yaitu “Just Do It”. Kata kata tersebutlah yang membuat Gilmore menjadi terkenal, dan dapat menginspirasi Wieden untuk menjadikan kata-kata tersebut sebagai slogan Nike hingga sekarang.

Nah, itulah lima fakta menarik tentang Nike, brand olahraga legendaris asal Amerka Serikat. Tertarik untuk mengkoleksi brand Nike brosist?ย Untuk melengkapi koleksi brand Nike, brosist bisa klikย text ini yaaa!


Rezkyanto Pramadhika

๐’๐ก๐จ๐ž๐ฌ ๐’๐ฉ๐ž๐š๐ค ๐‹๐จ๐ฎ๐๐ž๐ซ ๐“๐ก๐š๐ง ๐–๐จ๐ซ๐๐ฌ