Menjaga kebersihan sepatu basket bukan sekedar soal tampilan, tapi juga performanya ketika digunakan. Sepatu basket yang kotor dapat membuat brosist terpeleset dan terkena cedera di lapangan. Sepatu basket yang bersih dan nge grip dapat membantu brosist dengan memberikan daya grip maksimal di lapangan, memaksimalkan setiap step-back shot, dan crossover cepat.

Ketika brosist mengetahui cara merawat sepatu basket dengan baik, maka performa brosist di lapangan akan semakin maksimal. Tapi kenapa brosist harus merawat sepatu basket setepat mungkin? Selain untuk ketahanan, juga biar menambah performa di lapangan agar tetap maksimal.

Ada banyak cara merawat sepatu basket yang tepat yang bisa brosist lakukan. NCR udah rangkum beberapa cara merawat sepatu basket yang tepat dibawah ini, simak baik-baik ya:

1. Pastikan Sepatu Basket dalam Kondisi Bersih

Setelah bermain dan berkeringat di lapangan, hal yang pertama harus brosist lakukan adalah lap dulu sepatu basketnya. Brosist bisa membersihkan debu dan kotoran lainnya yang menempel di badan sepatu basket menggunakan cairan pembersih sepatu dan spoge atau kain nylon yang lembut.

Untuk sepatu basket bermaterial kain dan kanvas usahakan jangan gunakan sikat atau alat pembersih bertekstur kasar, karena akan merusak serat pada sepatu.

2. Simpan di Ruangan Bersuhu Rendah atau Ber-AC

Usahakan sepatu basket brosist disimpan dalam suhu stabil atau suhu ruangan. Kalau bisa di ruangan ber-C. Hindari menyimpan sepatu basket di tempat yang terpapar langsung oleh sinar matahari agar tidak terlalu kepanasan. Dan, jangan sekali-sekali menyimpan sepatu basket di tempat yang lembab separti ruang bawah tanah atau garasi.

3. Gunakan Sikat Berbahan Lembut atau Halus

Bagian sol, apalagi sol bawah pasti terlihat kotor setelah digunakan bermain seharian. Untuk membersihkannya cukup dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus yang bertekstur lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

4. Jangan Simpan di Box atau Dibungkus Plastik

Sepatu basket yang pernah dipakai, baiknya harus selalu terkena silurkasi udara ketika disimpan. Menaruh dalam box sepau, atau membungkus dengan plastik justru akan membuat sepatu basket tersebut berjamur. Karena sepatu basket tersebut tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi, hindari menyimpan sepatu basket di Box atau dibungkus plastik. Simpanlah sepatu basket brosist di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

5. Pasang Shoe Tree atau Penyangga

Sepatu basket yang telah dipakai dan disimpan dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami sedikit kerusakan atau kerutan pada bagian tertentu. Kerusakan atau kerutan ini dapat membuat kondisi sepatu absket cepat mengelupas cat dan lem nya. Baiknya, brosist menggunakan alat penyangga atau shoe tree untuk mempertahankan bentuk sepatu.

Nah, itu tadi beberapa tips cara merawat sepatu basket dengan tepat. Buat brosist jangan biarkan sepatu basketnya sampai tak nyaman dan rusak ketika sedang digunakan ya.

Brosist bisa lengkapi sepatu basket favoritnya dengan klik text ini yaaa!***