Brosist lagi cari sneakers idaman secara onlline dan kebingungan dengan istilah-istilah sneakers yang ada di pasaran? Buat yang masih awam dan kurang familiar dengan istilah sneakers tersebut pasti bakal kebingungan dengan maksud dari istilah-istilah sneakers tersebut dan bahkan ada yang sampai tidak jadi membeli karena tidak tau istilah yang digunakan dalam dunia sneakers.

Nah, biar brosist nggak bingung dan bahkan tertipu dengan istilah-istilah sneakers yang ada di pasaran, kita udah siapin penjelasan dari beberapa istilah sneakers yang wajib brosist ketahui sebelum membeli sneakers secara online. Lets check this out!

BNIB atau Brand New In Box

BNIB atau Brand New In Box adalah istilah dalam dunia sneakers yang paling sering ditemui ketika sedang mencari sneakers secara online. BNIB merupakan istilah sneakers yang menjelaskan kondisi barang/sepatu baru yang didapatkan dari distributor resmi atau retail. Sneakers dengan keterangan BNIB biasanya memiliki kode artikel lidah sepatu yang serupa dengan box/kotaknya, dan bisa di verifikasi kevalidannnya dengan cara scan barcode yang ada pada box/kotak sepatu. Apabila sneakers tersebut memiliki kecocokan kode artikel di lidah sepatu dan box, sudah dipastikan sneakers tersebut original.

BNIB atau Brand New In Box

BNWB atau Brand New with Replaced Box

Brand New with Replaced Box sendiri merupakan istilah dalam dunia sneakers yang menandakan sneakers yang dijual tersebut asli/original namun dijual dengan boks lain. Biasanya, penjual mengganti box/kotak sepatu original dengan yang baru karena berbagai alasan, misal karena sneakers tersebut dijual batangan atau sample, atau bahkan si penjual sneakers tidak menyertakan box/kotak sepatu originalnya ketika di kirim karena untuk menghindari pajak yang besar.

Dengan harga yang lebih murah dibawah harga retail/distributor resmi, biasanya sneakers dengan tag BNWB dijual dengan keadaan cacat/defect dalam produksi atau bahkan kalau brosist sedang hoki, brosist bisa mendapatkan sneakers BNWB dengan sangat mulus dan original ya tentunya.

BNWB atau Brand New with Replaced Box

Deadstock

Istilah sneakers yang satu ini menjelaskan kalau sneakers yang sedang dijual di pasaran adalah sneakers rilisan lamadalam keadaan baru (brand new) dan belum pernah dipakai (worn) atau dicoba (tried on) sebelumnya. Kondisi deadstock ini bisa dibilang mirip dengan istilah sneakers NOS atau New Old Stock.

Deadstock

VNDS atau Very Near Deadstock

Sneakers yang memiliki tag VNDS biasanya sneakers yang sudah dipakai beberapa kali dan memiliki tanda sudah dipakai. Kondisi VNDS ini biasanya mirip dengan deadstock apabila sneakers tersebut dibersihkan kembali oleh pemiliknya sebelum di jual.

VNDS atau Very Near Deadstock

NOS atau New Old Stock

New Old Stock adalah kondisi dimana sneakers yang dijual adalah stok lama. Biasanya, penjual menawarkan atau menjual sneakers dengan kondisi NOS karena sneakers rilisannya atau keluaran lama yang sudah mengendap di gudang atau di tempat penyimpanan. Dengan kondisi box/kotak sepatu yang sudah rusak dan berdebu menjadi alasan penjual menawarkan sneakers NOS ini. Dan biasanya para penjual menawarkan sneakers dengan kondisi NOS dengan harga yang lebih murah, tapi tetap original ya.

NOS atau New Old Stock

LE atau Limited Edition

Istilah sneakers yang satu ini biasanya dipakai penjual untuk menandakan sneakers atau sepatu yang dipasarkan tersebut merupakan sneakers dengan jumlah terbatas dan biasanya hanya bisa didapatkan di retailer tertentu.

LE atau Limited Edition

PE atau Player Exclusive

Sneakers yang diproduksi dengan kode PE atau Player Exclusive ini biasanya dibuat untuk atlet tertentu. Sneakers ini dibuat secara custom dengan desain, warna, dan teknologi yang diinginkan oleh sang atlet.

PE atau Player Exclusive

Nah, itulah beberapa istilah dalam dunia sneakers yang bisa brosist ketahui sebelum membeli sepatu secara online. Semoga dengan mengetahui istilah-istilah sneakers di atas, brosist tidak tertipu ya.

Brosist bisa klik text ini untuk mendapatkan sneakers yang 100% Original yaaa!