Sejak pertama di dirikan pada tahun 1972, perusahaan sepatu dan alat olahraga Nike telah merilis berbagai macam sneakers. Dari sekian banyak sneakers yang dirilis oleh Nike sejak tahun 1972, Air Jordan 11 disebut sebut menjadi favorit para penggemar Nike dan Michael Jordan.

Mengapa Air Jordan 11 bisa sefavorit dan sespecial itu di mata para sneakerhead? Yuk simak baik-baik penjelasannya dibawah ini!

Air Jordan 11

Tinker Hatfield selaku desainer utama Nike, menjadikan Air Jordan 11 sebagai sepatu basket sneakers terbaikya. Edisi ke 11 ini menyimpan banyak cerita sebelum kembali menjadi sepatu basket sneakers favorit hingga saat ini. Air Jordan 11 ini menjadi kado istimewa bagi Mike, sapaan Michael Jordan untuk mengobati kesedihan setelah ditinggal mendiang sang ayah.

3 Agustus 1993 merupakan tanggal yang tidak akan pernah dilupakan oleh Mike. Jenazah sang ayah, James R. Jordan Sr. ditemukan sudah tidak bernyawa di rawa-rawa daerah Carolina Selatan. Mendiang Jordan Sr. jadi korban perampokan sejak dia dikabarkan hilang dari 23 Juli 1993.

Atas kejadian tersebut, Mike sangat terpukul dan mutuskan untuk pensiun setelah bermain gemilang bersama Chichago Bulls di musim 1992-1993. Lalu ia teringat akan impian sang mendiang ayahnya yang ingin melihat Mike bermain di MLB (Major League Baseball), liga baseball Amerika Serikat. Tidak membutuhkan waktu lama, Mike lalu terjun ke kancah Minor League, kasta kedua di liga baseball Amerika.

Air Jordan 11

Setelah setahun, Mike menyadari bahwa dunia dan passionnya bukan disana. Ia memutuskan untuk kembali bermain basket dan membela Chicago Bulls pada Maret 1995. Pada saat itu, Mike membuat sebuah pengumuman kepada media lewat selembar dokumen yang bertuliskan “I am Back”.

Momen kembalinya Jordan ke lapangan basket, disambut gembira oleh Nike. Agar tidak ketinggalan momen, selang beberapa saat setelah Tinker Hatfield membuat edisi ke 11 Nike Air Jordan. Air Jordan 11 tampil dengan perbedaan letak kulit paten di panel lateral sebelah atas. Kulit paten tersebut dijahit dalam nilon balistik di bagian atas dengan lubang tali yang berbeda dari kumpulan seri Air Jordan 1 hingga 10.

Air Jordan 11

Hatfield mendapatkan inspirasi siluet Air Jordan 11 tersebut dari sebuah ketidak sengajaan, ketika sedang melihat mesin pemotong rumput yang berwarna hitam mengkilap, tiba-tiba terlintas dipikirannya bentuknya bisa menjadi sebuah sepatu.

Air Jordan 11

Pada Air Jordan 11 ini, Hatfield menggunakan material plastik Phylon dengan bantalan udara penuh, plat berbahan karbon fiber di bagian tengah untuk menambah kekuatan sepatu. Penggunaan kedua material baru tersebut menjadikan edisi ke 11 ini sangat berbeda dari 10 edisi sebelumnya. Yang dimana dari 10 edisi sebelumnya, Hatfield tidak menggunakan kedua material tersebut.

Setelah itu, Nike merilis edisi pertama Air Jordan 11 dengan colorway yang diberi nama ‘Concord’. Dengan warna hitam dan putih dari warna pesawat Concord, pesawat penembus kecepatan suara.

Air Jordan 11

Kepopuleran Air Jordan 11 tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1996 rumah produksi film Warner Bros menggebrak dunia perfilman dengan “Space Jam”. Space Jam yang juga dibintangi oleh beberapa pebasket NBA menginspirasi Nike untuk merilis lima pasang Air Jordan 11 “Space Jam”.

Air Jordan 11

Setelah kepopulerannya di film Space Jam, Air Jordan 11 kembali mendapatkan momen kepopuleran terbaik yang dibantu oleh Boyz II Men. Grup vokal pria yang saat itu bernyanyi di ajak Grammay Award 1996 dengan menggunakan Air Jordan 11 ‘”Concord”. Momen ini dianggap sebagai salah satu momen besar bagi Air Jordan, karena Boyz II Men menggunakan sepatu basket sneakers ini untuk melengkapi atasan formal mereka.

Air Jordan 11

Gimana nih brosist? Menarik bukan fakta dan sejarah tentang sepatu basket sneakers Air Jordan 11 ini? Brosist udah bisa dapetin sepatu basket sneakers Air Jordan 11 ini dengan klik text ini yaaa!***