Nike, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama brand olahraga yang sudah mendunia ini dan salah satu yang terbesar di dunia. Produk-produk sepatu nya yang berkualitas dan memiliki teknologi yang sangat canggih tersebut di produksi di berbagai negara. Untuk di Asia sendiri ada beberapa negara yang memroduksi sepatu-sepatu Nike seperti China, Vietnam, dan Indonesia.

Iya benar, kalian tidak salah baca. Memang terdapat pabrik produksi Nike di Indonesia. Dan juga tidak kalah dengan produksi-produksi dari negara lainnya :


Pabrik berada di Kota Tangerang, Banten
Nama perusahaan yang menjadi pemroduksi sepatu-sepatu Nike adalah PT. Adis Dimension Footwear yang terletak di Jalan Raya Serang Km 24, Balaraja-Tangerang. Sekitar 38km dari Kota Jakarta. CEO nya sendiri mengungkapkan bahwa saingan mereka hanya 2 negara yaitu China dan Vietnam.

Biaya Produksi Lebih Mahal
Jika dibandingkan dengan China atau Vietnam, memang harga produksi sepatu Nike di Indonesia sendiri lebih mahal karena kelangkaan bahan bakunya. Bahkan di Vietnam bisa lebih murah 10-15% dari produksi Indonesia. Hal itu terkadang menyebabkan produktivitas di Indonesia lebih rendah dari China ataupun Vietnam. Tetapi…

Kualitas Lebih Baik dan Premium
Memang benar harga produksi di Indonesia sendiri cenderung lebih mahal tapi menurut CEO dari PT. Adis Dimension Footwear yaitu Adis Harijanto kualitas dari hasil produksi jauh lebih baik bahkan dapat dikatakan lebih premium dari 2 negara pesaingnya, terlihat dari hasil jahitan sepatu yang lebih rapih dan lebih kuat.

Jadi jika kalian saat membeli sepatu dari Nike, sempatkan lihat label tempat produksinya ya. Jika menemukan tulisan “Made in Indonesia” maka kalian patut bangga karena pasti dijamin sepatu Nike tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dari sepatu lainnya.