Sepatu udah bukan lagi jadi alas kaki aja ya brosist. Sekarang sepatu itu udah jadi salah satu penunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Sehingga membuat keberegaman jenis sepatu semakin banyak. Mulai dari yang berbahan kanvas, leather, suede, patent leather, rubber dan masih banyak lagi.

Tapi tahu gak sih kalau membersihkan sepatu ternyata gak bisa sembarang lho brosist. Untuk membersihkan sepatu diperlukan cara-cara khusus, yaitu terhadap jenis dan bahan sepatu yang berbeda.

Selain harus sesuai dengan jenis dan bahan sepatunya, alat yang digunakan untuk membersihkannya pun gak bisa sembarang. Ini pun berlaku pada jenis kotoran yang menempel pada sepatu agar tidak merusak sepatu jika diterapkan dengan cara yang salah. Harus ada alat khusus untuk membersihkannya.

Sepatu yang kotor tentu nggak hanya merusak penampilan, tetapi juga dapat membahayakan awetnya sepatu dan bisa cepat rusak, seperti crumble ataupun yellowing.

Nah supaya hal-hal itu tidak terjadi, yuk kita simak bagaimana cara mencuci sepatu sesuai dengan bahannya agar gak mudah rusak.

Sepatu Kanvas

Klik untuk Sumber Gambar

Membersihkan sepatu kanvas terbilang cukup mudah kok, karena dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan mesin cuci. Brosist bisa melepaskan tali sepatu terlebih dahulu, kemudian siapkan air hangat atau suhu normal. Selanjutnya celupkan sepatu kamu ke dalam air tersebut.

Proses ini nggak membutuhkan waktu lama kok karena tujuannya hanya ingin sekadar membasahi sepatumu saja. Untuk pencuciannya, gunakan detergent dengan menggunakan sikat nilon lalu gosokkan pada bagian dalam dan luar sepatu secara perlahan hingga bersih. Kemudian bilas dengan air mengalir. Terakhir, cukup diamkan hingga kering.

Jika ingin di sol, kamu bisa memasukkannya ke dalam ember yang sudah berisi air, lalu sikat perlahan dengan menggunakan sabun dan bilas. Biarkan sepatu dan sol mengering secara alami. Ingat ya jangan pernah jemur di bawah terik matahari langsung!

Sepatu Leather

Klik untuk Sumber Gambar

Pembersihan terhadap sepatu leather atau kulit ini adalah dengan menggunakan campuran air dan cuka (pastikan kadar keduanya seimbang). Caranya adalah gunakan kain atau lap kering berbahan lembut lalu celupkan pada campuran tersebut. Setelahnya bersihkan pada bagian yang bernoda secara perlahan pada sepatu. Keringkan sepatu menggunakan kaus katun yang sudah tidak terpakai.

Jika sepatu brosist terdapat noda membandel yang masih sulit untuk dihilangkan lo bisa membersihkannya dengan menambahkan shampo atau kondisioner.

Warnanya mulai pudar atau terdapat goresan yang merusak penampilan sepatu? Tenang! Lo bisa semir sepatunya dengan menggunakan shoe polis atau lotion khusus sepatu kulit dengan mengelapnya menggunakan kaus berbahan katun bisa cek artikel ini buat lebih lanjutnya!

Memiliki sepatu berbahan kulit memang sedikit spesial karena bahannya yang sangat lembut sehingga perlu perawatan yang sedikit berbeda.

Sepatu Suede

Klik untuk Sumber Gambar

Baik pria maupun wanita banyak yang menyukai sepatu berbahan satu ini. Suede merupakan sepatu yang terbuat dari bahan kulit sapi, sehingga perawatannya pun tidak bisa sembarangan.Untuk membersihkan sepatu ini, diperlukan sikat khusus agar tidak merusak bahan.

Pembersihan sehari-hari, brosist bisa menggunakan sikat khusus suede agar noda yang menempel bisa hilang dengan cepat. Sedangkan bila sudah terkena noda yang membandel, lo membutuhkan cairan khusus dan menyikatnya dengan bantuan sikat yang lembut atau kain bertekstur lembut agar busa pada sepatu dapat hilang.

Selain itu, lo tau gak sih kalau membersihkan sepatu berbahan suede bisa juga menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet lalu gosok perlahan pada permukaan sepatu, terutama bagian yang lecet. Baru tau nih? Mungkin bisa brosist coba ya!

Patent Leather

Klik untuk Sumber Gambar

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai pembersihan sepatu leather, kini kita akan membahas sepatu berbahan patent leather. Patent leather merupakan jenis sepatu kulit dengan lapisan yang mengkilap.

Untuk pembersihannya, jika sepatu ini terdapat kotoran kamu bisa membersihkannya dengan petroleum jelly atau cotton bud atau lap. Kalau kamu ingin sepatu ini terlihat lebih shiny, semprotkan saja sedikit glass cleaner atau cairan pembersih kaca. That’s it! Sepatu brosist jadi tambah mengkilap seperti baru.

Sendal Jepit Flip Flops

 

And the last,  flip flop. Flip flops sering digunakan untuk kamu yang ingin berjalan-jalan ke pantai atau santai di rumah bahkan sambil wfh juga. Selain bahannya yang enak, flip flop juga nyaman dipakai. Tapi bagaimana kalau flip flop pada akhirnya kotor?Tenang, gak perlu khawatir. Rendam saja dengan air hangat dan baking soda, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, sikat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotorannya.

 

Memiliki banyak jenis sepatu itu memang nggak mudah sih apalagi saat ingin membersihkannya. Diperlukan beberapa alat khusus serta cara tertentu agar sepatu yang brosist miliki tetap terjaga kebersihannya. Walaupun terdengar ribet, tapi demi sepatu kesayangan tentu hal-hal tersebut harus dilakukan. Jangan sampai deh sepatu kesayangan lo, apalagi yang didapetnya susah, seperti grail sneakers rusak dan gak awet hanya karena lo malas bersihkan. So, jangan malas untuk membersihkannya ya!