Jogging atau yang masih termasuk dalam kategori olahraga lari menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang. Agar jogging terasa nyaman tentunya membutuhkan sepatu olahraga yang tepat dan nyaman. Hampir semua brand ternama sudah mengeluarkan sepatu khusus running dengan model dan ukuran yang beragam. 

Setiap brand olahraga tentunya memiliki kalkulasi ukuran sepatu yang berbeda beda, hal ini membuat penggunaan kaus kaki menjadi pertimbangan untuk menemukan kenyamanan saat berlari. Memang tak mudah menemukan sepatu yang sesuai dengan kaki kita. Membutuhkan pengetahuan dasar tentang kesesuaian, jenis, dan fungsi utama sepatu. Berikut tips sederhana untuk memilih sepatu jogging yang tepat:

1. Perhatikan Ukuran dan Kelenturan Sepatu

Sebaiknya saat memilih ukuran, lebih baik brosist menghindari membeli sepatu dengan ukuran yang terlalu pas atau ketat. Pasalnya, hal itu akan membuat kaki lecet dan kuku menghitam. Kelenturan sepatu juga berguna untuk membuat gerakan kaki menjadi fleksibel. Sepatu yang kaku akan membuat kaki tidak nyaman dan berpotensi besar mendapatkan cedera.

Untuk material sepatu, pilihlah dengan bantalan yang empuk serta perhatikan setiap jahitan maupun sol sudah solid dan rapi atau belum.

2. Memperhatikan Bentuk Kaki Kita

Cara selanjutnya dalam memilih sepatu lari adalah brosist harus menyesuaikan dengan bentuk kaki sendiri. Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda dan mempengaruhi pergerakan kaki saat jogging atau yang biasa disebut dengan pronasi.

Pronasi ialah gerakan kaki yang menekuk ke arah dalam saat kaki bergulir, bertujuan untuk mendistribusikan kekuatan hentakan di tanah yang dipijak saat berlari. Idealnya, kaki tidak melengkung ke dalam secara berlebihan.

Meski pronasi adalah gerakan alami kaki, ukuran dari sudut kelengkungan kaki (arch), dapat memengaruhi kemampuannya untuk bergulir, menyebabkan overpronation atau supinasi (underpronation). Maka dari itu lebih baik brosist mencoba sepatu nya secara langsung agar mendapatkan sepatu yang benar benar nyaman. Untuk itu brosist bisa langsung kunjungi Offline Store NCR Sport yang di Kota Bandung ataupun yang di Kota Bogor ya.

3. Sesuaikan dengan Berat Badan

Kenyamanan sepatu lari juga ditentukan oleh berat badan kita. Jika, brosist memiliki berat badan yang diatas normal, sangat dianjurkan untuk memilih sepatu dengan sol yang agak tinggi dan tebal.

Hal ini sangat berguna untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan tanah. Tips ini juga berfungsi untuk menghindari cidera atau kaki kita yang terkilir saat melakukan olahraga. 

4. Mengenal Trek Berlari

Sat berlari, kita mengetahui jalur yang akan kita lewati agar tidak salah menggunakan sepatu yang tidak sesuai. Setiap brand olahraga merancang sepatu dengan fungsi yang berbeda. Trek di jalan raya, gym, atau lapangan olahraga tentunya membutuhkan sol dan bahan sepatu yang berbeda.

Contohnya, saat brosist jogging di jalanan beraspal maka membutuhkan sepatu yang fleksibel dan ringan.

5. Pilihlah Sepatu yang Dilengkapi Bantalan Empuk

Fitur ini berfungsi untuk membuat kaki kita lebih nyaman saat berolahraga. Setiap sepatu di era sekarang memiliki teknologi dan fiturnya masing-masing termasuk bantalan di dalamnya. Penting untuk memperhatikan bantalan tersebut tepat pada kaki dan terasa nyaman saat digunakan. 

 

Gimana. Itu dia tips sederhana dan beberapa info yang mungkin brosist perlukan sebelum mebeli sepatu untuk Jogging. Kalau urusan beli sepatu jogging bisa langsung klik teks ini atau kunjungi ncrsport.com untuk sport gear lainnya.