Brosist pastinya ngalamin kan kalau setiap bagian tubuh brosist itu berbeda dari teman atau bahkan keluarga brosist sendiri. Tenang brosist itu bukan masalah besar kok, karna emang setiap manusia memiliki bentuk kerangka yang tidak sama secara keseluruhan.

Makanya brosist kadang tidak merasa cocok atau tidak nyaman dengan sepatu yang brosist liat di majalah atau dari video youtube kan? FYI buat brosist ternyata manusia punya 3 kategori/jenis gaya langkah kaki.

 

Over Supination vs. Pronation - Soul Insole

Klik untuk Sumber Gambar

1.Under pronation (Supination)

Under pronation (Supination) atau Di bawah pronasi adalah di saat bagian luar tumit menyentuh permukaan dengan sudut kemiringan yang tinggi dan dengan sedikit atau tanpa bergulir/pronasi . Hal ini menyebabkan perpindahan benturan yang cukup besar melalui kaki bawah.Tekanannya berada pada jari-jari kaki selain ibu jari pada bagian luar telapak kaki.

2.Neutral

sedangkan netral ini sendiri berbeda dari Under pronation atau Di bawah pronasi yaitu dimana telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan (berpronasi) untuk meredam benturan dan mendukung berat badan. Ada distribusi yang merata dari bagian depan telapak kaki.

3.Over pronation

Over pronation ini berlawanan dengan Under pronation atau Di bawah pronasi, karena telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan/berpronasi secara berlebihan dan menyebabkan perpindahan berat badan ke bagian pinggir dalam alih-alih ke bagian depan telapak kaki. Yang paling banyak bekerja adalah ibu jari kaki dan jari telunjuk kaki.

Pronasi memiliki peran penting karena pronasi membantu kaki menyerap dampak benturan dan membantu mulai dari proses tolakan hingga telapak kaki bergerak maju. Jadi brosist sekalian harus ekstra hati – hati dalam memilih tipe sepatu dan disesuaikan dengan tipe pronasi dari brosist sendiri. Karena itu pasti selalu ada sepatu yang sesuai dengan tipe pronasi brosist semua di NCR Sport, brosist bisa cek melalui website resmi kami di ncrsport.com ya!