Sekilas, lari di luar ruangan dan di atas treadmill sangat mirip. Keduanya menggunakan kelompok otot yang sama. Terlebih lagi, kedua aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular, mengurangi persentase lemak tubuh, serta mengencangkan dan memperkuat kaki dan inti otot. Tapi, ada beberapa perbedaan antara lari di luar ruangan dan di atas treadmill. Mari kita bedah!

Lari di luar ruangan
Variasi rute

Klik untuk Sumber Gambar

Brosist memiliki jumlah rute yang tak terbatas untuk dilalui. Brosist mungkin ingin melalui rute yang berbeda tergantung dari suasana hati brosist. Contohnya, brosist bisa memilih rute linear untuk berlari ke arah tujuan akhir brosist. Atau brosist juga bisa memilih rute sirkular yang akan membawa brosist kembali ke tempat semula.

Variasi permukaan

Klik untuk Sumber Gambar

Berlari di luar ruangan menantang brosist dengan permukaan rute yang tidak terduga dibandingkan dengan di atas treadmill. Hal ini memiliki manfaat sebagai latihan keseimbangan dan koordinasi. Brosist harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan di medan yang tidak rata, seperti retakan di trotoar, gundukan di lapangan, dan lain-lain.

Kondisi cuaca

Klik untuk Sumber Gambar

Cuaca sering kali menjadi faktor penentu. Jika awan sudah mulai gelap atau ada rintik-rintik hujan, pasti brosist batalkan keinginan tersebut. Tapi tenang, waktu brosist lari di luar ruangan saat musim hujan, brosist cukup memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.

Biaya

Klik untuk Sumber Gambar

Brosist ga perlu mengeluarkan uang sama sekali. Tapi, brosist mungkin akan keluar biaya untuk membeli beberapa perlengkapan yang dibutuhin untuk berlari, namun hal itu tetap akan jauh lebih murah dibanding bergabung dalam gym atau membeli treadmill.

Lari di treadmill
Lingkungan konstan

Klik untuk Sumber Gambar

Treadmill menawarkan lingkungan yang konstan untuk berolahraga karena suhu, kelembapan, dan permukaan untuk berlari tetap sama. Brosist tidak harus mempertimbangkan cuaca, tingkat cahaya, atau lalu lintas. Brosist hanya memiliki sedikit faktor eksternal yang dapat mengganggu aktivitas brosist.

Kecepatan

Klik untuk Sumber Gambar

Brosist bisa mengatur kecepatan dan mempertahankannya. Hal ini berguna jika brosist berlatih untuk tujuan tertentu. Hal ini juga dapat membantu brosist untuk tetap melanjutkan usaha ketika tekad brosist berkurang.

Kurang berdampak pada sendi

Klik untuk Sumber Gambar

Lari di atas treadmill lebih aman pada sendi dibandingkan dengan lari di jalan atau trotoar beton. Jika brosist berlari secara teratur, termasuk beberapa latihan pada treadmill, brosist akan mengurangi dampak pada sendi dan risiko cedera.

 

Jadi, sekarang brosist tipe yang mana? apapun itu pasti-in buat nyaman pas beraktifitasnya ya karna manfaat nya kan juga beda beda tergantung sama tujuan dan kondisi awal brosist. Dan buat brosist yang mau lengkapin gear sport/lari jangan sampai lupa kunjungin website ncrspot.com karna pilihannya banyak dan super lengkap but atleast pastinya steal deal.