Semakin berumur, semakin banyak hal yang harus kita lakukan. Ada banyak prioritas dalam hidup yang harus kita pikirkan dan diantara banyak prioritas itu, olahraga lari pelan-pelan terpinggirkan. Berikut jadwal lari untuk pelari yang sibuk, serta bagaimana cara mengatur waktu dalam aktivitas sehari-hari.

Jadwal Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Pekan Ini: Ada Atletik -  INDOSPORT

Lakukan Hal Yang Penting Duluan 

Saat baru bangun tidur, bisa dibilang level energi kita sedang tinggi-tingginya. Tapi, level energi ini terbatas jumlahnya dan akan terus menurun sepanjang hari.

Karena itu, lakukan hal paling penting di awal waktu. Buat jadwal aktivitas harian dimana brosist harus menyelesaikan hal yang penting di awal hari saat level energimu masih penuh.

Dengan begini, brosist akan merasakan sense of accomplishment atau perasaan bangga karena sudah selesai mengerjakan hal yang penting untuk hari itu. Ini akan jadi momentum yang bagus untukmu keesokan harinya, dan membuatmu siap untuk mengerjakan hal penting lainnya.

 

Buat Rencana Sehari Sebelumnya

Ada yang bilang, dengan punya suatu rencana kita sebenarnya sudah 50% berhasil. Maksudnya dengan memiliki daftar tentang apa yang harus kita lakukan, kita akan lebih mudah menyelesaikan target yang brosist tuju.

Kebiasaan ini akan membuatmu fokus pada setiap target, bekerja lebih cepat serta efisien, dan juga membuatmu lebih siap secara mental untuk menyelesaikan apapun pekerjaanmu itu.

 

Belajar Membuat Prioritas

Orang yang sering buang-buang waktu biasanya tidak tahu bagaimana caranya membuat prioritas diantara berbagai hal yang harus mereka kerjakan. Pada akhirnya semua hal dianggap prioritas, dan semua hal dia usahakan untuk segera di kerjakan.

Padahal, ketika semua hal dianggap prioritas, akhirnya mereka mencoba mengerjakan semuanya dalam satu waktu alias multi tasking.

Karena itu, belajarlah membuat prioritas dalam segala hal yang akan brosist kerjakan dalam satu hari. Pilih mana yang penting, mana yang harus dikerjakan duluan, dan mana yang bisa ditunda.

 

Berikan Tenggat Waktu dan Jangan Perfeksionis

Bagi banyak orang, sangat mudah untuk lupa waktu ketika mengerjakan sesuatu. Biasanya ini terjadi pada orang yang perfeksionis, dimana mereka merasa segala hal yang dikerjakan harus sempurna dan tanpa cela.

Jika brosist terlalu terpaku saat mengerjakan salah satu prioritas, maka prioritas yang lain akan ikut tertunda. Sifat perfeksionis seperti ini nantinya malah membuat produktifitas brosist melambat dan akhirnya banyak rencana yang sudah brosist susun menjadi berantakan.

Sebaiknya, berikan tenggat waktu pada apa yang akan kamu kerjakan hari ini. Dengan memberikan tenggat waktu pada setiap hal atau pekerjaan yang menjadi prioritas, kamu bisa bekerja dengan lebih efisien, cepat, dan tentu saja tertata rapi tanpa membuang banyak waktu.

 Jadwal Lari Untuk Orang Sibuk

Jadwal Lari berikut didesain untuk orang-orang yang sibuk. Dengan maksimal waktu latihan (jalan kaki, lari, latihan otot) selama 30 menit, dan diharapkan mampu menjaga kesehatan serta kondisi tubuh tanpa memakan banyak waktu.

Brosist bebas menambah atau mengurangi intensitas latihannya. Sesuaikan saja dengan kemampuan fisik dan kesibukan harian brosist. Yang jelas pastikan untuk selalu aktif bergerak.

 

Cara Biar Bisa Rutin Berlari : Lari Dengan Jarak dan Durasi Yang Singkat 

Banyak orang yang merasa kalau lari itu minimal 5-10 km. Pokoknya kalau dibawah itu bukan lari namanya.

Selain itu, banyak juga yang mengira lari itu minimal harus 1-2 jam. Pokoknya baju harus basah kuyup karena keringat. Kalau tidak begitu bukan lari namanya.

Padahal lari dengan jarak yang singkat + frekuensi yang sering, adalah jenis lari yang cocok untuk mereka yang selalu mengeluh tidak punya waktu untuk lari.

Kalau brosist adalah seseorang yang sibuk, harusnya bukan jarak atau pace lari yang jadi prioritas. Tapi seberapa konsisten brosist bisa lari. 

Mungkin intensitas pada jadwal lari untuk pelari yang sibuk ini terkesan mudah dilakukan. Akah tetapi, lari dengan jarak dan durasi yang singkat tetap akan memberikan manfaat kesehatan untuk brosist

Tentu memang performa lari brosist akan sulit meningkat, namun ini masih jauh lebih baik dibanding tidak lari sama sekali.

 

Kesimpulan

Seorang pelari yang berhenti lari karena kesibukannya perlu dibantu agar bisa mengatur waktu dengan lebih baik. Untuk bisa mengatur waktu, kita harus tahu apa saja prioritas dalam aktivitas kita sehari-hari. Pilih mana yang penting atau perlu segera dikerjakan, dan mana yang bisa ditunda. Jadwal lari untuk pelari yang sibuk ini hanya bisa berhasil jika brosist mampu mengatur waktu dengan baik.

Buat brosist yang mau lengkapin gear lari dan untuk berita – berita seputar olahraga lainnya, brosist bisa kunjungin website resmi di ncrsport.com