Membangun kebiasaan memang membutuhkan waktu untuk terbentuk. Lakukan sesuatu hal secara terus-menerus dan konsisten hingga akhirnya menjadi bagian dari rutinitas. Dan berikut ini adalah daftar kebiasaan baik buat pelari.

Lari Pagi

Membiasakan diri mengawali hari dengan lari pagi memberikan berbagai manfaat seperti meningkatkan energi dan stamina tubuh, memperbaiki emosi dan suasana hati, serta meningkatkan produktivitas Walau lari pagi memiliki beberapa keuntungan, namun lari sore atau malam juga bermanfaat. Manfaat lari pagi, sore atau malam sama sama bisa Brosist rasakan jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Menetapkan Tujuan

Berlari untuk kesehatan merupakan tujuan paling utama. Tetapi agar Brosist tetap termotivasi tetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Menyelesaikan Full marathon,lolos Boston Marathon,hingga menyelesaikan ultra-marathon beberapa contoh tujuan. Brosist juga bisa menetapkan tujuan lain seperti mengumpulkan ratusan hingga ribuan kilometer jarak dalam setahun.

Pemanasan Sebelum Lari dan Peregangan Setelahnya

Ketika berlari, otot akan mengencang karena gerakan berulang – ulang. Untuk itu lakukan pemanasan agar tubuh terutama sendi dan otot lebih siap untuk aktivitas yang intens. Begitu pula setelah berlari, lakukan peregangan untuk mengembalikan otot.Melakukan kedua hal ini masing – masing 10 -15 menit.

Latihan kekuatan Secara Teratur

Latihan kekuatan secara teratur sangat penting bagi pelari. Hal ini bermanfaat untuk memperbaiki keseimbangan otot,mencegah cedera dan bisa meningkatkan performa. Angkat beban, push-up, pull-up, dan plank beberapa latihan yang bisa kamu lakukan. Lakukan latihan ini 2 -3 kali dalam seminggu.

Merawat Tubuh

Lecet, kram, hingga cedera merupakan masalah yang umum dialami pelari. Brosist Tidak boleh menganggap sepele hal ini. Jadwalkan proses pemulihan untuk menghindari dampak jangka panjang. Pemulihan yang masuk dalam bagian perawatan tubuh bisa Brosist jadikan bagian program latihan. Bagian tubuh lain seperti kulit juga sangat penting untuk Brosist rawat.Biasakan gunakan tabir surya sebelum berlari.

Menjaga Pola Makan

Selain latihan, makanan juga berpengaruh terhadap performa berlari. Selain jenis makanan, perhatikan pula waktu makan. Pastikan makanan yang Brosist konsumsi mengandung gizi seimbang. Cobalah untuk berkonsultasi kepada Nutrisionis untuk mengetahui nutrisi dan jenis makanan, pola makan yang seimbang, serta porsi makan yang tepat untuk Brosist.

Banyak Minum Air Putih

Air sangat penting untuk hampir semua fungsi tubuh. Untuk itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih. Untuk mengukur tingkat hidrasi, lihat warna air seni. Jika pucat dan kuning, itu pertanda Brosist tidak minum cukup cairan. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas atau total 2 liter per hari.

 

Kebiasaan baik ini juga bisa membantu Brosist untuk memperbaiki kualitas produktifitas Brosist jadi semoga tips kali ini bisa membantu Brosist untuk kedepannya agar bisa terus konsisten dalam berlari. Dan untuk tips serta informasi menarik lainnya Brosist bisa kunjungin website resmi di ncrsport.com