Brosist perlu berhati-hati saat membersihkan sepatu olahraga. Namun, dengan perawatan dan pembersihan yang tepat, Brosist bisa memulihkan kembali kondisi sepatu. Perlu diingat bahwa pencucian sepatu olahraga menggunakan mesin cuci justru dapat merusak sepatu. Oleh karena itu, bersiaplah untuk mencucinya secara manual (menggunakan tangan) jika Brosist ingin membersihkannya dengan tepat.

Bersihkan sepatu dengan sikat kering

Sebelum mencuci sepatu, angkat kotoran dan noda yang besar terlebih dahulu. Gunakan sikat gigi lama atau sikat gosok kering. Sikat bagian sepatu yang kotor untuk mengangkat kotoran dan noda.

Campurkan air hangat dengan detergen pakaian

Isi bak cuci dengan air hangat (bukan air panas). Setelah itu, masukkan sedikit detergen pakaian.

Lepaskan sol dalam dan tali sepatu

Tali dan sol dalam perlu dicuci secara terpisah. Lepaskan tali dan sol dalam dari sepatu, kemudian sisihkan.

Basahi spons

Sebagai alternatif, Brosist bisa menggunakan handuk lembut atau sikat halus. Pastikan spons sudah menyerap cukup sabun dan air sebelum diperas untuk membuang kelembaban berlebih. Gunakan campuran air dan detergen untuk membersihkan noda membandel. Sikat gigi lama membantu Brosist menyikat area di sekitar “lidah” sepatu dan bagian dalam sepatu yang sulit dijangkau.

Jangan basahi bagian sepatu yang terbuat dari kulit atau busa. Brosist bisa mencari tahu petunjuk pembersihan spesifik untuk sepatu yang ada melalui situs web pabrik atau produsennya. Jika ragu, jangan basahi permukaan sepatu yang memang sudah bersih.

Basahi spons dengan air bersih untuk mengangkat sisa detergen

Setelah mengangkat noda, celupkan spons kedua atau kain lap dalam air hangat (tanpa ditambahi sabun). Gosokkan spons atau kain pada sepatu untuk mengangkat sisa detergen.

Angin-anginkan sepatu untuk mengeringkannya

Jangan memasukkan sepatu ke dalam mesin pengering. Tempatkan sepatu di area bersuhu ruangan. Biarkan sepatu kering secara alami.

 

Untuk tips & trik atau informasi seputar gear dan sepatu olahraga brosist bisa langsung kunjungin website resmi di ncrsport.com ada banyak koleksi gear dann sepatu sepatu olahraga juga, banyak penawaran menarik yang sayang banget kalau  dilewatin.