Brosist, pasti pernah menemukan sepatu yang sudah disimpan rapi di dalam kotak kardus tapi malah rusak? Kalau pernah, itu terjadi karena sebenarnya kotak kardus bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan sepatu.

Ukuran kotak yang kecil dan tertutup rapat membuat sepatu tidak bisa ‘bernapas’ sehingga bahannya bisa rusak dengan sendirinya. Udara pengap di dalam kotak dan lokasi penyimpanan kardus yang lembap juga bisa jadi penyebabnya.

Agar Brosist lebih yakin, simak selengkapnya berikut ini.

1. Sepatu bisa rusak dengan sendirinya

Menyimpan sepatu di dalam kotak kardus bisa membuat sepatu menyerap cairan dari waktu ke waktu. Cairan ini bisa berasal dari perubahan suhu ruangan atau dari sepatu itu sendiri yang tidak dibersihkan dulu sebelum disimpan.

Kondisi tersebut bisa membuat sepatu jenis apa pun jadi mudah rusak penampilan luarnya. Bahan sepatu bisa cepat mengelupas, retak-retak, atau bahkan mengeras. Oleh karena itu, kalau memang mau menyimpan di dalam kotak kardus, pastikan Brosist mengeluarkannya paling tidak seminggu sekali.

2. Sol dan alas sepatu bisa lepas

Sirkulasi yang buruk di dalam kotak kardus juga bisa membuat bagian dalam sepatu rusak, lho, Brosist. Alas sepatu di bagian dalam bisa terlepas dari struktur sehingga tidak akan nyaman saat dipakai. Begitu juga dengan sol sepatu yang lemnya bisa terkelupas dan akhirnya rusak.

3. Menyebabkan bau tak sedap

Sepatu yang baru dipakai sebaiknya tidak langsung dimasukkan ke dalam penyimpanan. Ini perlu dilakukan agar bau yang ditimbulkan oleh keringat di kaki selama kita berkegiatan punya waktu untuk mengering. Sehingga tidak menimbulkan bau.

Kalau Brosist menyimpan sepatu tanpa menunggu beberapa waktu, bisa jadi kotak kardus akan memerangkap bau yang ada. Ketika dikeluarkan lagi, sepatu Brosist akan menimbulkan bau tak sedap. Sebagai tips, kamu bisa memasukkan satu kantung teh kering ke dalam sepatu untuk menghilangkan bau apek.

4. Menimbun bakteri dan jamur

Kotak kardus yang kecil dan tertutup rapat bisa memerangkap bakteri dan jamur yang ada pada sepatu. Kalau Brosist menyimpan kardus tersebut di tempat yang lembap dan gelap, jamur dan bakteri tak cuma menempel tapi akan menumpuk dan berkembang biak.

Efek dari kondisi ini pada sepatu bisa membuatnya jadi bau tak sedap dan tidak nyaman saat dipakai. Bahkan kaki Brosist bisa gatal akibat dari bakteri dan jamur yang menumpuk.

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.