Cokelat merupakan makanan yang disukai banyak orang. Coklat hitam (dark chocolate) adalah salah satu makanan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun sebuah penelitian akhir-akhir ini menunjukkan bahwa coklat hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan performa saat berolahraga.

Coklat hitam dan performa

Coklat hitam dapat meningkatkan performa dalam berolahraga. Itulah kesimpulan salah satu penelitian yang dilakukan di Inggris. Penelitian ini dilakukan pada 9 pengendara sepeda amatir yang dibagi ke dalam dua grup. Salah satu grup mendapatkan 40 gram coklat hitam, sedangkan grup yang kedua mendapatkan coklat putih.

Hasil dari penelitian ini adalah kelompok yang makan coklat hitam menggunakan tingkat oksigen yang lebih sedikit dan dapat mencapai jarak yang lebih jauh, dibandingkan dengan mereka yang makan coklat putih. Hal ini tentu menjadi salah satu temuan yang menarik, karena cokelat merupakan makanan yang umum ditemui dan disukai oleh banyak orang.

Mekanisme cokelat dalam meningkatkan stamina

Kandungan coklat yang berperan penting dalam peningkatan stamina adalah flavonoid. Flavonoid –yang banyak terkandung dalam coklat hitam– dapat meningkatkan performa dengan meningkatkan kadar nitric oxide. Nitric oxide dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang pada akhirnya memperlancar aliran oksigen ke jaringan tubuh. Hal inilah yang dipercaya menyebabkan peningkatan performa saat seseorang mengkonsumsi coklat hitam.

Namun demikian, berapa kandungan flavonoid dalam coklat hitam, apakah efeknya bersifat jangka panjang, dan berapa banyak coklat hitam yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan performa masih belum dipaparkan secara jelas. Karena itu, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Namun bagi kamu yang ingin meningkatkan performa saat berolahraga, tidak ada salahnya jika ingin mengkonsumsi coklat hitam. Asalkan perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan, ya!

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.