Setelah berolahraga, keesokan harinya Anda mungkin bangun dengan rasa nyeri dan pegal hampir di sekujur tubuh. Badan sakit memang bisa jadi salah satu efek yang bisa langsung terasa setelah olahraga. Namun, apakah ini hal yang wajar Anda rasakan?

Kenapa badan sakit setelah olahraga?

Pada dasarnya, ketika melakukan jenis olahraga baru atau gerakan yang jarang dilakukan, sel-sel otot mengalami kerusakan.

Hal ini disebut dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Kondisi ini termasuk normal. Semua orang bisa merasakannya, bahkan atlet profesional sekalipun.

Rusaknya jaringan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Badan sakit setelah olahraga menandakan bahwa otot mulai menyesuaikan tekanan selama latihan.

DOMS biasanya muncul pada 12 hingga 24 jam setelah olahraga. Rasa nyeri ini bisa bertahan selama 24 hingga 48 jam ke depan.

Inilah mengapa biasanya Anda baru akan merasakan badan sakit pada keesokan harinya atau berjam-jam setelah olahraga.

Saat mengalami DOMS, gerakan olahraga membuat serabut otot pecah. Otot akan beradaptasi untuk memperbaiki serabut-serabut tersebut menjadi lebih kuat.

Ketika Anda melakukan aktivitas yang sama lagi, otot sudah semakin kuat dan mampu beradaptasi. Rasa sakit pun tidak muncul lagi atau sedikit berkurang.

Sebagai contoh, jika Anda baru pertama kali latihan push up sebanyak 10 kali, sangat mungkin lengan dan perut Anda akan terasa sakit keesokan harinya karena tak terbiasa.

Pada hari berikutnya, otot Anda sudah lebih mampu beradaptasi dan 10 kali push-up tak lagi membuat nyeri.

Ringkasan

Badan sakit setelah olahraga terjadi akibat DOMS, yakni robeknya serabut otot. Kondisi ini muncul pada 12 – 24 jam setelah olahraga.

Apakah badan sakit setelah olahraga adalah pertanda baik?

Badan sakit setelah berolahraga tidak selalu jadi pertanda baik. Memang, semakin banyak bagian tubuh yang sakit bisa menandakan bahwa semakin banyak otot tubuh yang Anda gunakan saat berolahraga.

Namun, nyeri otot setelah olahraga juga bisa menandakan hal yang lainnya. Bukan hanya karena adaptasi otot, tapi kondisi ini bisa juga disebabkan latihan yang berlebihan.

Olahraga berlebihan bisa membuat badan Anda merasakan pegal dan nyeri yang luar biasa.

Jika gerakan latihan yang Anda lakukan salah hingga mengalami cedera otot pada beberapa titik tubuh, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.