Tahukah Brosist? Depresi dan olahraga ternyata saling berkaitan, lho. Rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu mencegah atau mengelola depresi ringan. Banyak pandangan tentang bagaimana olahraga dapat membantu orang yang depresi. Penasaran apa saja,cek fakta depresi dan olahraga berikut!

Depresi dan Olaharga, Apa Hubungannya?

Berbicara mengenai depresi, depresi dapat digambarkan dengan perasaan sedih, murung dari waktu ke waktu. Bahkan beberapa Brosist mengalami perasaan ini secara intens untuk jangka waktu lama (minggu, bulan, bahkan bertahun-tahun). Bahkan kadang-kadang tanpa alasan yang jelas. Depresi tidak bisa dipandang sepele, kondisi serius ini dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental sesorang. Satu dari enam permpuan dan satu dari delapan laki-laki akan mengalami depresi dalam hidup Brosist. Meskipun belum diketahui pasti penyebab depresi, tetapi beberapa hal dapat dikaitkan dengan perkembangannya. Umumnya, depresi tidak dihasilkan dari satu penyebab. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, kombinasi faktor biologis, riwayat keluarga, penyakit medis serius, faktor kepribadian, stres akibat peristiwa kehidupan, dan faktor pribadi lainnya.

Lantas Bagaimana Olahraga Dapat Membantu Depresi? Awalnya mungkin sulit untuk memulai, tetapi begitu seseorang termotivasi olahraga dapat membuat perubahan besar. Penelitian tentang depresi, kecemasan dan olahraga menunjukkan bahwa manfaat psikologis dan fisik dari olahraga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Hubungannya olahraga dan depresi sebenarnya tidak sepenuhnya jelas. Namun, berolahraga atau bentuk aktivitas fisik lainnya dapat meringankan gejala depresi atau kecemasan dan membuat Brosist merasa lebih baik. Olahraga juga dapat membantu mencegah depresi dan kecemasan berulang setelah Brosist merasa lebih baik.

Bagaimana Olahraga Mengatasi Depresi dan Kecemasan?

Olahraga teratur dapat membantu meringankan depresi dan kecemasan dengan melepaskan hormon endorfin dan bahan kimia alami lainnya sehingga dapat meningkatkan rasa senang. Olahraga juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang selama ini mengganggu. Seseorang bisa menjauh dari pikiran negatif yang memicu rasa cemas dan depresi.

Fakta Olahraga Cegah Depresi

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat psikologis dan emosional bagi seseorang. Berikut adalah fakta olahraga dan depresi yang perlu Brosist ketahui.

  1. Olahraga dapat menjadi pengobatan yang cukup membantu untuk depresi ringan hingga sedang pada orang dewasa. Olahraga dianggap sebagai perubahan gaya hidup yang penting dilakukan di samping perawatan lain untuk depresi.
  2. Saat ini rekomendasi untuk melakukan olahraga selama 30 menit, baik dalam intensitas sedang dapat meningkatkan suasana hati. Namun, penderita penyakit jantung atau pernapasan yang signifikan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani sebelum memulai program latihan.
  3. Manfaat kesehatan mentaldari olahraga dapat bertahan bila seseorang rutin melakukannya dalam jangka panjang.
  4. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jenis latihan terbaik, seberapa sering, dan berapa lama harus dilakukan apakah lebih baik dalam kelompok atau secara individual.
  5. Olahraga rutin membuat seseorang merasa lebih baik, mendapatkan bentuk tubuh lebih ramping sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.
  6. Olahraga atau aktivitas fisik dapat memberi kesempatan seseorang untuk bertemu atau bersosialisasi sehingga lebih banyak interaksi sosial di sekitar membantu suasana hati lebih baik, Brosist tidak merasa sendiri.
  7. Olahraga salah satu cara untuk mengatasi depresi dengan cara sehat. Melakukan seseuatu yang positif untuk mengelola depresi. Ini menjadi mekanisme koping yang sehat untuk membantu mengatasi depresi.

Apa pun jenis olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan dapat meningkatkan suasana hati Anda. Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.