Sebuah penelitian yang hasilnya dimuat di jurnal Circulation menemukan indikasi adanya beberapa jenis olahraga yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Secara umum, olahraga ringan hingga sedang selama 150 menit per hari bisa menguatkan otot jantung. Namun olahraga berintensitas tinggi yang memicu kelelahan ekstrem justru akan meningkatkan risiko munculnya masalah jantung akut.

Saat olahraga, jantung memerlukan darah dan oksigen lebih banyak. Orang yang memiliki masalah pada arteri koronernya akan kesulitan mengatur permintaan dan pasokan darah ke jantung. Otot jantung tak dapat menerima darah dan oksigen yang diperlukan karena penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Walhasil, terjadi serangan jantung.

Olahraga juga memicu peningkatan tekanan darah menambah beban kerja jantung. Makin keras olahraga, makin tinggi tekanan darah dan beban kerja jantung. Bagi orang yang sebelumnya sudah punya masalah jantung, aktivitas fisik itu sangat berisiko.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kena Serangan Jantung Saat Olahraga?

Serangan jantung adalah kondisi medis serius yang memerlukan penanganan secepatnya. Bila merasakan ada tanda serangan jantung, segeralah hentikan aktivitas itu dan beristirahat. Minum air putih dan atur napas, usahakan tidak panik.

Bila punya obat khusus masalah jantung resep dari dokter, konsumsi obat tersebut. Lalu segeralah datangi rumah sakit jantung atau minta orang di sekitar untuk mengantar bila kondisi tidak memungkinkan. Bagi pasien serangan jantung, waktu adalah segalanya. Makin cepat penanganan, makin besar peluang pemulihan pasien.

Tips Mencegah Serangan Jantung Saat Olahraga

Olahraga adalah kewajiban bagi yang ingin hidup sehat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi mencegah serangan jantung saat olahraga:

  • Jaga intensitas olahraga tidak terlalu berat, sesuaikan dengan kemampuan tubuh
  • Berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit tiap hari sudah cukup
  • Minum obat untuk jantung sebelum berolahraga bila perlu atau diminta dokter
  • Berikan waktu istirahat bagi tubuh agar bisa pulih sebelum olahraga lagi

Selain itu, upayakan cara lain yang dapat menekan risiko serangan jantung, termasuk

  • Terapkan pola makan sehat dan gizi seimbang
  • Kendalikan stres
  • Pantau tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah
  • Tidak merokok

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.