Sepatu sneakers sangat digemari berbagai kalangan. Baik tua maupun muda pasti sudah pernah memiliki sepatu sneakers. Yap! Sepatu sneakers memang sangat versatile dan bisa dipakai kemana saja. Tentu saja, model dan bahan sneakers menjadi penentu kepopuleran sepatu jenis ini. Bahan dasar sepatu sneakers sendiri sangat variatif. Kali ini, mimin akan menengok bersama, apa aja bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu sneakers. Check this out!

1. Suede

Suede adalah bahan yang populer digunakan dalam pembuatan sepatu sneakers. Sayangnya, bahan ini memiliki sedikit kelemahan yang membuatnya sering dihindari. Melakukan perawatan pada sepatu berbahan suede memang cukup rumit. Sedikit kesalahan aja, dapat membuat sepatu suede brosist segera rusak. Untuk merawat sepatu yang terbuat dari suede, brosist harus membeli sikat serta cairan remover khusus yang hanya dapat digunakan untuk bahan suede.

2. Nubuck

Jika brosist hanya melihatnya secara sekilas aja, tenut akan mengira nubuck sama aja dengan suede. Namun, kedua bahan ini ternyata memiliki tekstur yang sangat berbeda. Nubuck terbilang lebih halus saat dibandingkan dengan suede. Karena tekstur yang lembut, nubuck terlihat lebih cantik dan mengkilap ketimbang suede. Harga nubuck di pasaran pun lebih mahal dari suede. Karena itulah, Nubuck selalu dianggap mewakili penampilan yang elegan dan eksklusif.

3. Kulit Sintetis

Sepatu masa kini sering dibuat menggunakan bahan dasar kulit sintetis. Kulit sintetis sebenarnya terbuat dari kain yang telah diproses bersama dengan lilin dan pewarna sehingga menghasilkan bahan baru yang nampak sangat mirip dengan kulit asli. Sepatu sneakers berbahan kulit sintetis sangat lazim ditemui di pasaran. Kendati demikian, sepatu jenis ini juga tidak boleh lepas dari perawatan khusus untuk kulit sintetis.

4. Canvas

Sepatu dengan bahan canvas sangatlah digemari oleh kaum milenial. Bahan ini terkenal nyaman dan ringan sehingga populer dipadu padankan dengan tampilan casual. Tak cuma itu, saking ringannya sepatu model ini pas dipakai kemana aja bahkan ketika brosist hanya ingin bersantai. Sepatu dari bahan canvas mudah terkena kotoran yang membandel. Ini wajar aja terjadi. Apalagi karena canvas memang bahan kain yang memiliki daya serap tinggi terhadap segala macam air. Karena itulah brosist harus waspada, sepatu sneakers canvas gampang sekali memudar dan sobek.

5. Denim

Denim merupakan bahan yang hampir sama dengan canvas. Bahan ini juga sangatlah sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sepatu sneakers. Perbedaan antara canvas dan denim terletak pada tekstur dan bobotnya. Bahan canvas terkenal lebih kasar dan ringan. Sedangkan, denim memiliki bobot yang berat tapi tekstur yang lebih halus. Karena sensitif terhadap air dan bakteri, sepatu dengan bahan denim sering sekali mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau ini dari sepatu sneakers, brosist dapat mencampurkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen yang akan digunakan untuk mencuci sepatu.

 

Itulah beberapa bahan dari sneakers yang bisa mimin spill ke brosist. Mana yang jadi favorit brosist? kalau mau sneakers ori dan branded ufah pasti kunjungi langsung ncrsport.com ya!