Gak sedikit yang mengetahui kalau Stephen Curry merupkaan pemain NBA dengan skill yang memukau. Ia adalah penembak tiga angka paling hebat dalam basket, ahli dalam basket, dan master dalam basket. Jika dilihat dari segi postur, Stephen Curry tidak setinggi pemain-pemain yang lain, namun skill nya sangat spektakuler. Bagaimana sih Ia bisa melakukan hal tersebut, rekor demi rekor juga selalu dipecahkan oleh Curry. Dilansir dari situs mastercalss, secara singkat mimin akan turut bagikan tips latihan dari sang master Stephen Curry agar main basket lebih jago dengan Tips dari Stephen Curry. Checkthis out!

Latihan 100 tembakan

Dalam latihan, Steph hanya berfokus pada dua tujuan yaitu membangun kepercayaan diri dan meningkatkan massa otot. Saat latihan menembak, Steph menembakkan lima bola di depan ring basket, kemudian mengambil langkah ke belakang dan menembakkan lima lagi, mengulangi sampai 20 kali. 

Latihan kombinasi

Steph berlatih kombinasi yang berbeda untuk melatih tekniknya. “cara yang terbaik dalam menggiring bola adalah dengan menggabungkan sebuah kombinasi. Coba lakukan enam kali, lalu masing-masing dua kali, masing-masing satu kali“, kata Stephen yang dilontarkan pada situs masterclass. “bangun kepercayaan diri Anda“.

Membangun daya tahan tubuh

Saat pertama kali memulai latihan, pasti Anda akan cepat lelah. “Anda ingin dapat membangun daya tahan itu”, kata Stephen. Dia mungkin sangat lelah menembakkan hingga 30 kali ketika di masa sekolah. Tapi tidak berhenti di situ saja, Steph terus melanjutkan latihan untuk mendapatkan 100 tembakan yang membuat Ia merasa kuat dan tidak mudah lelah.

Bangun fondasi yang kuat

Saat brosist ingin memaksimalkan dalam bermain basket, mungkin akan berlatih yang lebih komplek. Menggabungkan mengumpan, menggiring, dan menembak. “begitu kamu mulai menguasai latian“, kata Stephen, “saat itulah kamu akan memasukkan beberapa elemen yang akan membawa ke level yang lebih sulit, pastikan kamu percaya diri membuat lima tembakan berturut-turut dari satu poin menggiring bola“. ucap seorang legenda dalam kelasnya di situs mastercalss.

Simulasikan latihan mengumpan saat sendirian

Jika brosist tidak memiliki teman berlatih, jangan menyerah. Berlatihlah melempar bola menjauh dari posisi diri dengan sedikit putaran yang akan mendorong kembali kepada badan setelah menyentuh tanah. “ini adalah cara yang bagus, simulasikan cara mengumpan, tembak di posisi itu dan dapatkan bola lagi lalu tembak berikutnya”, kata Stephen Curry.

Mundur ketika melakukan kesalahan

Jika brosist secara konsisten melakukan kesalahan yang sama dalam latihan, jangan terus mengulang dan berharap dapat lebih baik. “Ketika Saya meleset, sebagian besar waktu itu hanya menembak dengan tangan dan tidak menggunakan kaki sebagai dasar tembakan Saya”. So, selalu belajar dari kesalahan ya.

Jangan lupa gerakan kaki

Cara yang baik untuk berlatih adalah berdiri dengan kedua kaki tepat di belakang garis, dan pastikan kamu melompat dari belakang garis, dan mendarat di belakang garis”, kata Stephen Curry untuk tips lainnya.

Gunakan dua bola basket

Ini mungkin terdengar unik dan sulit, tetapi Steph menggunakan sebagian besar latihan dengan dua bola basket. “Kamu harus mulai merasa nyaman dengan tidak nyaman“, kata Steph, “ketika kamu menambahkan dua bola basket ke dalam latihan menggiring, ada beberapa hal yang difokuskan dan beberapa kekurangan yang muncul karena pikiran yang berlebihan“, jelasnya, “setelah kamu merasa nyaman dengan dua bola, saat itulah kamu akan berkembang lebih jauh“. Wah, gokil banget ya Steph!

Pemanasan sebelum pertandingan

Ketika Saya menginjakkan kaki di lantai selama musim untuk bermain, Saya selalu meluangkan waktu untuk menjalani pemanasan sebelum pertandingan“, kata Stephen Curry. Latihan dimulai dengan menggiring dengan dua bola untuk membebani koordinasinya dan membantunya bersiap untuk memproses banyak pengetahuan dan membuat keputusan yang lebih baik di lapangan. Setelah latihan, Ia melakukan beberapa tembakan dengan menjadi pola pikir mencetak poin. “Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda yang unik bagi mereka merasa 100% siap untuk bermain“, imbuhnya.

 

Itulah beberapa tips latihan Stephen Curry dalam bermain basket. Sejatinya menjadi pemain hebat, memerlukan latihan yang lebih banyak dibandingkan pada umumnya. Termasuk dengan sosok Steph Curry, Ia memilih cara berlatih yang jauh berbeda dari pemain lain. Itu digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan bermain. Apapun yang dikerjakan secara maksimal pasti hasil tidak akan pernah menghianati, semoga tips dari Stephen Curry yang dirangkum mimin tadi bisa membantu ya. Pastikan buat lengkapi peralatan basket nya di ncrsport.com ya!