Tips dan cara dalam bermain basketmungkin sudah banyak tersebar, lalu diikuti dengan merawat sepatu basket juga. Namun cukup terbilang sering jika merawat bola basket.  Nah, bagi brosist yang belum paham bagaimana merawat bola basket yang baik, nih mimin bagikan tips dan triknya agar bola basket brosist tetap awet.

Beda Lapangan, Beda Bola

Semua benda berbahan leather (kulit), selalu memiliki reputasi sebagai benda yang awet, tangguh, dan tidak mudah rusak. Tetapi, hal itu tidak berlaku di bola basket. Sebab kulit luar bola basket memang dibuat dan dikhususkan untuk dimainkan secara indoor dan lantai kayu.

Ketika bola basket sering digunakan di permukaan lapangan betol, bahkan berkerikil- maka keawetannya bakal luntur. Salah satu yang sering terjadi adalah bola akan menjadi kehilangan daya rekatnya, dan licin ketika dibuat main.

Nah, jika kalian tetap ingin main basket di pelataran rumah yang alasnya terbuat dari aspal atau beton, pilihlah bola basket berbahan karet dan kulit sintetis. Karena, itu akan lebih awet dan tahan lama untuk dimainkan di medan yang terjal.

Jangan Biarkan Debu Menempel di Bola

Pola bintik-bintik di kulit luar bola menyusahkan kita untuk mencuci hingga ke sela-sela. Nah, jika kotoran dan debu itu dibiarkan, maka lama kelamaan akan mengerak dan membuat bola menjadi licin. brosist tak harus mencuci bola tiap kali selesai main sih, tapi ada tips yang harus brosist perhatikan.

Cara membersihkan bola basket brosist sebenarnya mudah. Siapkan handuk basah dan bilaslah tipis-tipis. Hal itu, akan mengikis debu yang berada di permukaan. Kalau mau sedikit repot, brosist bisa juga membilasnya dengan shampoo atau deterjen cair. Tapi, pastikan kalian segera mengeringkannya ya. Karena, jika kulitnya dibiarkan basah, lama-lama juga akan mengelupas.

Hindarkan Dari Perubahan Suhu Ekstrim

Untuk menjaga agar bola basket agar awet, brosist harus menyimpannya di tempat dengan suhu steril, misalnya kamar. Sebab, jika bola sering mengalami perubahan suhu, maka dia akan cepat rusak.

Contohnya nih, ketika bola basketmu langsung terpapar sinar matahari terlalu lama. Hal itu akan membuat warna bola menjadi kusam dan pudar. Selain itu, temperatur yang berubah-ubah juga bisa membuat bola menjadi memuai, dan tidak simetris lagi. Selain itu, kulit bola juga akan mengelupas jika sering terkena air. Maka dari itu, simpan bola kesayangan kalian di tempat yang suhunya cenderung teratur.

Angin-anginkan

Cara untuk memeriksa kesehatan bola adalah, pantulkan dengan tekanan normal. Jika bola memantul hingga tingginya searah dada, maka bola itu dipastikan baik-baik saja.

Jika terlalu tinggi, itu berarti ada tekanan udara yang berlebihan. Jika tekanan udara di dalam bola terlalu banyak, partikel karet di dalam bola akan mengumpal. Gumpalan itu, adalah faktor utama yang bisa menyobek kulit luar bola basket. Oleh sebab itu, bola juga tidak baik jika terlalu lama disimpan. Angin-anginkan lah. Paling baik sih angin-anginkan dengan dipakai bermain.

Jauhkan dari Batu Kerikil

Sebelum bermain periksa sekeliling lapangan kalian. Sebab, sebuah kerikil tajam meskipun kecil juga berbahaya bagi kesehatan bola. Selain karena dapat mengkoyak kulit luar dari bola, kerikil tajam juga dapat menciptakan lubang tak kasat mata yang membuat bola kesayangan menjadi gembos.

Dan yang paling celaka, jika lubang itu sampai dimasuki air. Bola akan kehilangan daya pantulnya, dan terbuang percuma.

 

Gimana udah paham kan? semoga tips dari mimin bisa berguna dan buat yang belum coba brosist bisa mencobanya deh! Makanya sebelum mulai bermain basket alangah baiknya buat lengkapi peralatannya di ncrsport.com yaa!