Stres juga dapat memengaruhi kondisi mental karena meningkatkan kadar kortisol, hormon yang memengaruhi fungsi otak. Ini dapat menyebabkan kecemasan, kehilangan fokus, kesulitan membuat keputusan dan pikiran yang tidak terkendali. Relaksasi bukan hanya ketenangan pikiran atau kenikmatan hobi. Relaksasi adalah proses yang mengurangi efek stres pada tubuh dan pikiran. Teknik relaksasi dapat membantu Anda mengatasi stres sehari-hari dan stres yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan nyeri. Berikut beberapa teknik relaksasi yang bisa di coba:

Relaksasi Autogenous

Teknik relaksasi ini menggunakan citra visual dan kesadaran tubuh untuk mengurangi stres. Melakukan ini dengan mengulangi kata-kata atau sugesti secara mental yang dapat membantu rileks dan mengurangi ketegangan otot. Misalnya, Brosist dapat membayangkan lingkungan yang damai dan kemudian berfokus untuk mengontrol pernapasan, memperlambat detak jantung, atau merasakan berbagai sensasi fisik seperti: Merilekskan setiap lengan atau kaki secara individual.

Relaksasi Otot Progresif

Dengan teknik relaksasi ini, fokus pada ketegangan perlahan dan kemudian mengendurkan setiap kelompok otot. Ini dapat membantu fokus pada perbedaan antara kontraksi otot dan relaksasi dan menjadi lebih sadar akan sensasi tubuh.

Visualisasi

Teknik relaksasi ini memungkinkan membentuk gambaran mental yang melakukan perjalanan visual ke tempat atau situasi yang tenang dan menyejukkan. Brosist dapat bersantai melalui visualisasi dengan bereksperimen dengan indra termasuk penciuman, penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Saat membayangkan bersantai di laut, pikirkan aroma air asin, suara ombak, dan hangatnya sinar matahari di tubuh. Brosist juga bisa memejamkan mata, duduk di tempat sepi, melonggarkan pakaian ketat dan fokus pada pernapasan. Tujuannya adalah untuk fokus pada saat ini dan berpikir positif.

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.