Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60-70% air. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan air yang cukup untuk bertahan hidup. Ketika kita tidak mendapatkan air atau mengalami dehidrasi, banyak fungsi tubuh terganggu. Bukan hanya saat mengalami dehidrasi, cairan ekstra membantu tubuh Anda berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, asupan air yang cukup sangat penting bagi tubuh. Penting untuk diketahui bahwa asupan air harian setiap orang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas, usia, dan berat badan. Namun menurut Kementerian Kesehatan, jumlah minum yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sekitar delapan gelas sehari atau total 2 liter. Lalu apa saja yang cukup penting untuk diminum bagi tubuh?

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Cairan dalam tubuh manusia memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari pencernaan, penyerapan, peredaran darah, produksi air liur dan lendir, peredaran nutrisi hingga keseimbangan suhu tubuh. Karena itu, air diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Misalnya dalam pembentukan ludah dan lendir, air memiliki tugas untuk menjaga kelembapan mulut, hidung, dan mata. Kecuali bahwa darah adalah salah satu cairan tubuh dan 90 persennya adalah air. Fungsi darah sendiri penting dalam mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Maksimalkan performa fisik

Jika tidak cukup terhidrasi, kinerja fisik akan terganggu. Kelelahan otot terjadi pada sel yang tidak dapat menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, konsumsi air yang cukup selama berolahraga sangatlah penting. Beberapa peneliti percaya bahwa minum air putih dapat meningkatkan performa saat beraktivitas berat.

Mencegah dan mengobati sakit kepala

Dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa minum cukup air dapat membantu meredakan sakit kepala pada orang yang sering menderita sakit kepala. Sebuah penelitian terhadap 102 pria menemukan bahwa minum 1,5 liter air secara signifikan meningkatkan kualitas hidup khusus migrain.

 

Itulah alasan kenapa Brosist harus rajin minum air putih. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk olahraga. Untuk itu lo bisa langsung cek aja ncrsport.com ya