Kandungan oksigen darah adalah jumlah oksigen yang beredar dalam sistem peredaran darah tubuh. Kandungan oksigen darah juga sering disebut sebagai saturasi oksigen. Kadar oksigen darah normal berkisar antara 95 dan 100 persen. Kandungan oksigen yang cukup sangat penting bagi tubuh, karena tanpa oksigen yang cukup fungsi jaringan tubuh akan terganggu. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kadar oksigen darah secara alami. Ini sangat berguna untuk orang dengan kadar oksigen darah rendah atau hipoksemia. Kurangnya oksigen dalam darah itu sendiri dapat ditentukan dengan oksimeter denyut, tes gas darah atau tes napas. Untuk seseorang yang menderita kekurangan oksigen dalam darah karena sakit.

Bagi seseorang yang menderita kekurangan oksigen dalam darah, seperti penyakit paru-paru, setiap hal kecil bisa sangat berarti. Meningkatkan konsumsi oksigen Anda jelas merupakan ide yang bagus. Berikut beberapa cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah secara alami yang dapat Anda pertimbangkan:

Meningkatkan sirkulasi udara

Jika cuaca memungkinkan, coba buka jendela Anda. Udara segar penting untuk memperlancar pernapasan. Namun, perlu diingat bahwa penting untuk memeriksa kualitas udara luar terlebih dahulu. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan dan tidak dapat membuka ruangan karena polusi atau kabut, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan sistem atau peralatan penyaringan udara dalam ruangan yang dapat membersihkan udara secara alami di rumah Anda. Anda harus berhati-hati dan cerdas saat memilih penjernih udara elektronik ini karena antara lain menghasilkan ozon yang mengiritasi paru-paru.

Memperkaya lingkungan banyak tanaman

Jika memungkinkan, coba sertakan tanaman hidup di rumah Anda, karena dapat meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam ruangan. Tanaman pakis adalah pilihan tepat untuk produksi oksigen ekstra di rumah. Tanaman pakis relatif mudah dipelihara dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Mengubah cara bernapas yang salah

Mungkin terdengar aneh, namun pada umumnya banyak orang yang tidak mengetahui cara bernapas yang benar. Entah itu lari, meditasi, angkat beban, atau bahkan melahirkan, kita sering membutuhkan panduan cara bernapas yang baik. Faktanya, pernapasan yang tidak benar dapat menyebabkan kadar oksigen dalam darah turun sekitar 20 persen. Anda dapat mengatasi ini dengan mencoba latihan pernapasan dalam yang menghasilkan energi, membersihkan paru-paru, dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Olahraga rutin

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem pernapasan. Olahraga tidak hanya meningkatkan kapasitas paru-paru, tetapi juga dapat menjaga berat badan ideal dan jantung lebih sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah Anda. Namun biasanya cara terbaik untuk memulai olahraga adalah dengan olahraga aerobik. Salah satu latihan aerobik low-impact terbaik adalah berjalan. Bangun rutinitas yang baik untuk meningkatkan oksigen tersebut dengan berolahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.