Apakah bro and sist pernah membeli sepatu basket dengan harga yang cukup mahal tetapi belakangan menyesal setelah dipakai main basket? Entah karena ukuran yang kurang tepat atau jenis sepatu basket yang digunakan tidak cocok dengan lapangan. Tenang bro and sist tidak sendirian karena mimin Ncrsport juga pernah beli sepatu basket idaman tapi ketika dipakai tempur sepatu terasa tidak nyaman dan bahkan membuat kaki mimin sakit. Dari pengalaman tersebut mimin Ncrsport akan memberikan tips memilih sepatu basket yang tepat, agar bro and sist tidak menyesal ketika membelinya. Yuk kita simak beberapa tipsnya 🙂

  • Ukuran, adalah faktor utama ketika memilih sepatu, sebagus apapun sepatunya apabila ukuranya kebesaran atau kekecilan bro and sist akan merasa tidak nyaman. Sebelum menentukan ukuran sepatu lebih baik mengukur panjang kaki bro and sist terlebih dahulu (Baca juga Cara mengukur kaki dengan benar). Selanjutnya kita bisa menentukan apakah kaki bro and sist termasuk kaki yang panjang, normal, atau bahkan lebar? Setelah menentukan panjang dan bentuk kaki, langkah berikutnya ialah memilih sepatu dengan ukuran dan bentuk kaki yang sesuai. (Tips, sepatu yang memiliki lidah akan lebih mudah ketika dipakai. Berbeda dengan sepatu yang lidahnya menyatu dengan bagian upper sepatu, bro and sist mungkin akan kesulitan ketika ingin memakainya. Namun sepatu dengan lidah menyatu akan membuat sepatu lebih melekat dengan kaki.)

 

  • Lapangan basket. Sebelum memilih sepatu basket, tentukan dulu sepatu basket bro and sist akan dipakai dilapangan indoor, outdoor, atau bahkan keduanya? Salah memilih sepatu akan membuat sepatu lebih cepat rusak, dan bahkan memiliki performa yang buruk. (Tips memilih sepatu yang cocok untuk bermain dilapangan indoor atau outdoor dapat dilihat pada artikel ini.)

 

  • Cutting sepatu. Sepatu basket dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan potongan sepatunya, ada potongan low, mid, dan high. Pemilihan bentuk sepatu ini bergantung pada kenyamanan bro and sist. Biasanya orang yang memilih sepatu basket high cut mempertimbangkan tingkat support yang diberikan sepatu agar kaki tidak rentan cidera ankle. Sepatu basket mid cut memiliki tingkat support yang cukup baik namun tidak membuat kaki terasa kaku seperti sepatu basket high cut. Berbeda dengan potongan lainnya sepatu basket low cut tidak memperhatikan support sepatu. Namun, sepatu basket low cut memiliki keleluasan untuk kaki bergerak dibandingkan dengan potongan sepatu lainnya.

 

  • Tipe Permainan kita, mempengaruhi cara kita memilih sepatu basket. Tipe permainan bro and sist dibagi menjadi tiga jenis, tipe permainan cepat, explosive, dan bermain disegala kondisi, kira-kira bro and sist yang mana nih? Apabila bro and sist sudah menentukan tipe permainan, sekarang tentukan sepatunya. Untuk pemain yang bermain cepat sepatu yang cocok digunakan seperti Kobe, Kyrie, Dame, Zoom Evidence, dan lainnya (Sepatu untuk pemain yang mengandalkan kecepatan mengedepankan traction dan lockdown). Apabila permainan bro and sist explosive seperti Lebron James, sepatu yang cocok seperti, Lebron Series, Jordan Why Not Zero, Airmax Dominate, dan lainnya (Sepatu untuk pemain yang mengandalkan power mengedepankan support, lockdown, cushioning). Namun, apabila bro and sist bermain disegala kondisi, sepatu basket yang cocok seperti, Hyperdunk series, Kevin Durant series, Nike Air Versatile, Paul George, James Harden series dan lainnya (Sepatu untuk pemain disegala kondisi mengedepankan lockdown, traction, cushioning dan support).
    Tipe bermain basket

    Tipe Permainan Basket

     

  • Cushioning. Setelah bro and sist menentukan faktor diatas, selanjutkan faktor yang gak kalah penting ialah cushioning atau bantalan pada sepatu. Cushioning pada sepatu basket sangat beragam, seraya waktu berjalan, muncul cushioning tipe-tipe baru. Untuk pemilihan cushioning bro and sist bisa melakukan riset sendiri terhadap sepatu yang sedang bro and sist inginkan. Karena tipikal dari cushioning ini berbeda-beda, bergantung kebutuhan bro and sist 🙂
    Ilustrasi Cushioning Boost

    Ilustrasi Cushioning Boost

     

  • Material. Pemilihan material juga penting untuk menentukan seberapa durable sepatu tersebut. Biasanya sepatu yang menggunakan bahan plastik atau synthetic leather akan memiliki durabilitas yang lama dibanding bahan baku alami, seperti kulit atau suede. Namun biasanya sepatu menggunakan kulit atau suede akan memiliki kesan yang lebih mewah pada sepatu tersebut. Jadi pilihanya kembali lagi kepada bro and sist.

 

  • Harga, adalah faktor yang diperhatikan diakhir ketika bro and sist memilih sepatu. Karena prioritas utama ketika membeli sepatu ialah kebutuhan bro and sist terlebih dahulu dibandingkan harga sepatu tersebut. Belilah sepatu sesuai kemampuan bro and sist. Tapi jaman now kan sudah banyak metode pembayaran yang meringankan pembayaran bro and sist. Contohnya saja cicilan 0% kartu kredit atau menggunakan Kredivo cicilan tanpa kartu kredit. Bahkan mahasiswa pun dapat mencicil sepatu dengan bunga ringan. Semua metode pembayaran ini dapat digunakan di ncrsport.com.

 

  • Model, nah ini faktor terakhir ketika memilih sepatu basket. Karena buat apa model sepatunya keren tapi ketika digunakan tidak nyaman? Kemungkinan besar bro and sist akan menyesal jika membeli sepatu basket hanya berdasarkan model. Setelah bro and sist mempertimbangkan faktor-faktor diatas barulah bro and sist menentukan model yang paling cocok.

Bagaimana bro and sist ternyata ketika membeli sepatu basket banyak faktor yang harus kita pertimbangkan kan? semoga tips dari ncrsport bermanfaat yah buat kalian. Apabila bro and sist memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk komen dibawah 🙂 see you guys.

Sumber Gambar : Nike, Adidas