Halo Bro dan Sist, kali ini Ncrsport mau membagi tips untuk merawat dan membersihkan sneakers kesayangan kalian. Beberapa tips ini berdasarkan pengalaman kami ketika membersihkan sepatu yang kotor. Okay kita langsung lanjut ke pembahasan 🙂

Secara garis besar sneakers yang kalian pakai memiliki beberapa bagian.

  1.  bagian upper (atas sepatu)
  2.  bagian midsole (bagian tengah sepatu)
  3.  bagian outsole, dan bagian insole (sol bagian dalam).

Cara pembersihan untuk setiap bagian sepatu akan berbeda-beda. Mari kita bahas langkah-langkah untuk membersihkan sneakers kalian.

Menyiapkan peralatan cuci sepatu

Pada tahap pertama  siapkan peralatan untuk mencuci sepatu, seperti :

  • Sikat yang halus, agar tidak merusak bagian upper sepatu (kita bisa menggunakan sikat gigi bekas atau membeli sikat sepatu yang halus).
  • Handuk microfiber, (karena lembut dan dapat menyerap cairan dengan sangat baik).
  • Cairan pembersih sepatu, (Lebih baik menggunakan cairan pembersih khusus sepatu daripada deterjen untuk pakaian, karena detergen pakaian bersifat basa dan korosif, dan dapat mengakibatkan sepatu lebih cepat menguning dan rusak).
  • Air hangat sekitar 60 derajat (Air hangat lebih ampuh mengangkat noda).
Peralatan Kebersihan

Peralatan kebersihan

Lepaskan insole dan tali sepatu.

Kedua setelah kalian telah mempersiapkan alat-alat, mari kita lepaskan bagian-bagian sepatu yang dapat dilepas seperti tali sepatu, dan insole (Tidak semua insole sneakers sepat dapat dilepas). Apabila insole dan tali sepatu tersebut dirasa kotor kalian dapat membersihkanya juga.

Bersihkan bagian upper sepatu

Setelah bagian-bagian di atas dilepas, selanjutnya kita akan membersihkan bagian upper  terlebih dahulu. Biasanya bagian upper tidak terlalu kotor daripada bagian outsole. Sebelum membersihkanya kita harus perhatikan bahan apa yang digunakan sepatu tersebut. Karena beda bahan beda cara penangananya 🙂

  • Suede. Ada beberapa cara untuk membersihkan sepatu berbahan suede. Apabila noda pada sepatu berbahan suede tidak terlalu kotor kita dapat menggunakan penghapus karet untuk menghilangkan noda pada bahan suede. Penghapus digosokan pada permukaan sepatu searah agar tidak merusak tekstur sepatu. Apabila sepatu dirasa sudah sangat kotor, disarankan mencucinya menggunakan sikat halus dan cairan pembersih sepatu yang bagus. Namun perlu diperhatikan ketika menyikat sepatu berbahan suede kita tidak boleh mengosok sepatu terlalu keras, tapi dengan gosokan sedang dan dengan arah gosokan searah atau memutar agar tidak membuat sepatu suede rontok. Setelah menyikat maka kita akan mengeringkan sepatu menggunakan handuk microfiber dengan cara menempelkan handuk microfiber tersebut ke permukaan yang lembab.
  • Canvas. Sepatu dengan bahan canvas relatif lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan daripada berbahan suede. Ketika sepatu sudah kotor maka kita dapat menyikat sepatu canvas tersebut menggunakan sikat halus dan cairan pembersih sepatu. Pada sepatu berbahan canvas kita dapat menyikat dengan menggosokan secara dua arah, tapi jangan menggosok terlalu keras. Setelah menyikatnya maka kita akan mengeringkanya menggunakan handuk microfiber.

Bersihkan midsole dan outsole sepatu

Selanjutnya kita akan membersihkan bagian sepatu yang lebih kotor yaitu bagian midsole dan outsole sepatu. Membersihkan sepatu pada bagian ini dapat dilakukan lebih kuat daripada bagian upper. Hal ini dikarenakan biasanya bagian ini lebih kotor dan berbahan lebih kuat (Biasanya terbuat dari karet). Kita dapat menyikat bagian midsole dan outsole hinggal bersih. Pada bagian outsole biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil yang menempel pada traksi sepatu. Hal ini dapat dibersihkan menggunakan tusuk gigi. Karena kerikil-kerikil kecil ini dapat mempercepat kerusakan sepatu apabila tidak dibersihkan segera.

Membersihkan sepatu dengan cleaning kit

Membersihkan sepatu dengan cleaning kit

Keringkan sepatu tanpa sinar matahari

Setelah sneakers kesayangan kita bersih selanjutnya ialah mengeringkan sepatu dengan cara diangin-angin. Jangan dijemur dibawah terik matahari. Karena menjemur sepatu dibawah terik matahari mengakibatkan warna sepatu menjadi luntur.

Semprotkan sepatu dengan water proof spray

Agar menjaga ketahanan dan kebersihan sepatu, maka semprotkan water proof spray. Agar sepatu terlapisi oleh zat pelindung dari water proof spray tersebut.

Water Proof Spray

Water Proof Spray

Simpan sepatu dalam dusnya dan masukan kedalam ziplock

Ketika sepatu sudah tidak kita gunakan, dan akan disimpan dalam jangka waktu lama. Ada baiknya menyimpan sepatu pada boxnya dan menaruh sepatu tersebut kedalam ziplock yang diberi silica gel, untuk menjaga sepatu kering dalam kondisi cuaca apapun.

Gimana Bro n Sist tips dari kami apakah sudah membantu? Silahkan berikan komentar di kolom komentar dibawah apabila kalian memiliki pertanyaa 🙂

Sumber Gambar : Crep,reshoevn8r


1 Comment

wsakong · 1 March 2018 at 7:08 pm

sangat bagus ini artikelnya
thanks informasinnya

Comments are closed.