Sepatu Vans telah menjadi pusat perhatian selama lebih dari 50 tahun. Sepatu ini tidak pernah mengecewakan para fans nya dengan memproduksi model sepatu yang unik namun tetap berkualitas. Lo salah satu fansnya bukan? Debut pertamanya,  ditandai dengan Vans authentic yang sukses menobatkannya sebagai sepatu skateboard dan masih berjalan di jalur tersebut hingga jenis sepatu lain yang diproduksi dari perusahaan tersebut. Seperti sepatu Vans sk8 low dan Vans old skool.

Vans sk8-low adalah versi low-top dari Vans sk8-hi. Vans sk8-hi diperkenalkan pada tahun 1978 setelah Vans old skool pada tahun 1977. Ia mendominasi dunia skate pada masanya. Kemudian, perusahaan Vans memproduksi versi yang low-cut. Vans sk8-low mengambil nuansa dari rilisan yang sebelumnya yakni Old Skool, namun ditambahkan dengan fitur yang lebih unggul pada kenyamanan dan tahan lama. Hadir dalam rancangan dengan berbagai warna dan bahan untuk mendapatkan tampilan yang unik dan berbeda.

Sementara itu, sepatu Vans Old Skool memiliki keunikan tersendiri. Sepatu itu pertama kali dikenal sebagai Vans #36 sebelum mendapatkan namanya saat ini. Garis putih pada sisi sepatu hasil rancangan Paul Van Doren disebut sebagai “garis jazz” dan hari ini, garis samping Vans telah menjadi ciri khas dari brand Vans yang dapat dikenali. Old skool Vans adalah sepatu skate pertama yang ditambahkan panel kulit untuk meningkatkan daya tahannya. Unik kan?

Vans old skool dan sk8-low memang agak mirip. Kebanyakan orang tidak bisa membedakannya, terutama yang belum pernah memakainya. Pertanyaan seperti “mana yang lebih baik?” terus muncul karena kedua sepatu hampir memiliki fitur yang sama. Namun, artikel yang mimin share ini bisa membantu brosist mempertimbangkan tentang kedua sepatu tersebut: persamaan dan perbedaannya dan apa yang membuat yang satu lebih baik dari yang lain. Langsung cek aja!

Perbedaan Vans Sk8-Low dan Vans Old Skool

Kali ini mimin bakalan jelasin perbedaannya dari segi tampilan, baik itu dari material hingga modelnya.

Bahan

Sepatu Vans sk8-low dilengkapi dengan fitur kanvas, suede, outsole karet wafel yang khas, lace losure. Sedangkan sepatu Vans old skool menampilkan kanvas, suede, kulit, outsole karet, sole Vulc, EVA, dan lace closure. Udah mulai keliatan ya perbedaannya dimana?

Konstruksi Toe Box

Pada sepatu Vans sk8-low, toe box dipasang di belakang panel samping, sedangkan pada sepatu Vans old skool, toe box menggunakan konstruksi cap toe. sehingga membuat tampilan lebih pipih sedikit jika dibandingkan.

Konstruksi Lidah

Pada bagian konstruksi lidah, sepatu Vans sk8-low diberi bantalan sedangkan sepatu Vans old skool tidak. Apa hal tersebut mempengaruhi kenyamanan? tentu iya dong. karena bantalan pada lidah bisa memberikan kelembutan ketika dipakai.

Ventilasi

Urusan ventilasi sepatu Vans sk8-low kembali lebih unggul karena lebih berventilasi daripada sepatu Vans old skool.

Style

Vans sk8-low memiliki kombinasi suede dan kanvas di bagian atas sedangkan old skool memiliki bagian atas suede dan kanvas yang dipadukan dengan panel kulit.

Persamaan antara Vans Sk8-Low dan Old Skool

Meskipun kedua sepatu memiliki banyak perbedaan terutama dalam konstruksinya, mereka juga memiliki beberapa kesamaan.

  • Fitur atas keduanya merupakan suede dan kanvas
  •  Mereka berdua memiliki garis samping andalan Vans
  •  Keduanya memiliki gaya retro dan sporty
  • Memiliki low-top
  •  Memiliki tipe flat lace
  •  Terinspirasi dan dirancangang untuk skate
  •  Keduanya memiliki tutup kaki yang diperkuat dan kerah empuk yang mendukung gerakan aktif
Vans Sk8-Low vs Vans Old Skool: mana yang lebih baik?

Sulit dikatakan apalagi jika kedua sepatu tersebut memiliki keunikan masing-masing dan disukai banyak orang. Tapi pasti memiliki penggemarnya masing-masing.

Beberapa orang mengaku merasa jauh lebih nyaman dengan Old Skool daripada Sk8-low. Kebanyakan skater lebih memilih Sk8-low daripada Old Skool karena breathability dan jahitan ekstra. Lidah empuk dari sk8-low memberikannya lebih banyak keunggulan dibandingkan old skool. Sedangkan dengan cup tumit memanjang ke kerah, Vans sk8-low lebih diterima untuk skating karena kenyamanan tanpa batas. Dalam hal daya tahan, Vans sk8-low lebih tahan lama dibandingkan dengan old skool. Old skool Vans tidak tahan noda karena sulit untuk menghilangkan noda. Tapi itu pun tidak membuat Vans sk8-low lebih baik dalam aspek itu. Warna suede cenderung luntur pada kulit saat mencoba menjaga sepatu tetap bersih.

Meskipun Vans Sk8-Low memiliki semua kualitas sepatu yang bagus, beberapa orang merasa lebih nyaman dengan Vans old skool daripada saat digunakan untuk pakaian santai. Old skool Vans memberi penghormatan pada gaya retro. Jadi cocok banget buat yang suka bergaya edgy.

Terlepas dari pilihan brosist mana yang lebih baik, pokonya cek aja ncrsport.com atau klik teks ini yaa!