Maraton Tokyo adalah salah satu maraton terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari enam Marathon World Majors, yang juga termasuk Maraton Boston, Maraton London, Maraton Berlin, Maraton Chicago, dan Maraton New York City. Berikut sejarah dan beberapa fakta tentang Tokyo Marathon.

1. Pertama Kali di Gelar

Tokyo marathon pertama kali  digelar pada 18 februari 2007  oleh tokyo marathon foundation  dengan tema “the day we unite” yang di ikuti oleh 30.000 peserta dengan 25.000 marathon dan 5.000 lari 10K.  Maraton 2007 juga merupakan perlombaan seleksi perwakilan dari Kejuaraan Dunia Atletik 2007 di Osaka.

2. Terdiri dari 2 Marathon

Jauh sebelum 2007 tokyo marathon terdiri dari 2 event marathon yakni tokyo international marathon pada tahun ganjil dan tokyo – new york friendship international marathon pada tahun genap yang telah di gelar pada 1981. Ini adalah acara lari jarak jauh yang diadakan setiap dua tahun sekali. Acara ini menjadi cikal bakal dari Tokyo Marathon. Selain Tokyo International Marathon, Tokyo juga memiliki acara lari khusus untuk wanita yang dikenal sebagai Tokyo International Women’s Marathon. Acara ini dimulai pada tahun 1979 dan terus berlanjut hingga hari ini, meskipun dengan nama yang berubah menjadi Tokyo Marathon (untuk wanita) setelah penggabungannya dengan Tokyo Marathon pria pada tahun 2007.

3. Menjadi Word Marathon Major

Pada November 2012, Tokyo Marathon diumumkan sebagai anggota resmi World Marathon Majors, bergabung dengan maraton paling bergengsi di dunia seperti Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City. Pengumuman ini meningkatkan profil Tokyo Marathon secara global dan menarik perhatian pelari dari seluruh dunia dan menandai langkah besar dalam meningkatkan status dan reputasi maraton ini di kalangan pelari internasional.

4. Kepopuleran

Marathon Tokyo menjadi semakin populer di kalangan pelari amatir dan profesional dari seluruh dunia. Keterlibatan masyarakat jepang menjadi salah satu faktor yang membuatnya semakin menonjol. Bahkan, sampai brand brand sepatu lari besar pun turut mendukung keberlangsungan ajang marathon tersebut.

5. Brand Tokyo Marathon Series

Saking populernya, brand sepatu lari pun membuat rilisan sepatu lari special edition Tokyo Marathon seperti Adidas dan Asics. Adidas merilis seri Adidas Adizero Japan BOOST 3 untuk Tokyo Marathon pada tahun 2017 dan juga merilis Adizero adios 6 pada tahun 2021. Pada tahun ini Asics merilis seri Gel-Nimbus 26 Tokyo marathon dengan berbagai macam colorways.

Ada ga nih yang kepengen banget join Tokyo Marathon?

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Laners bisa langsung berkunjung ke website resmi di startinglane.co.id ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.