Ternyata, Ini Penyebab Sakit Perut saat Lari - KlikDokter

Banyak orang yang merasakan dan bertanya-tanya kenapa saat lari perut bagian kiri sakit?

Kondisi ini dikenal sebagai kalikiben yang terjadi karena perut Anda terguncang-guncang karena berlari atau aktivitas lainnya.

Di bawah ini beberapa hal umum yang bisa menyebabkan nyeri perut saat lari.

1. Teknik pernapasan yang salah

Jika Anda melakukan teknik pernapasan yang salah, tubuh akan berusaha memperingatkan melalui rasa nyeri dan kram pada salah satu sisi perut.

Umumnya kondisi ini terjadi saat Anda hanya bernapas dangkal, dan tidak melakukan teknik napas yang benar saat berlari.

Berkurangnya asupan oksigen ke jaringan otot sekitar perut inilah yang menyebabkan perut kram saat Anda berlari.

2. Dehidrasi saat berlari

Asupan cairan sebelum berolahraga memang perlu Anda batasi, tapi bukan berarti tidak boleh sama sekali. Saat berolahraga, tubuh mengalihkan aliran darah dari perut menuju otot untuk mensuplai lebih banyak oksigen.

3. Otot perut lelah

Kram perut saat lari terjadi pada pelari yang menempuh jarak jauh, seperti pelari maraton atau ketika Anda olahraga berlebihan. Pasalnya, saat berlari tubuh tidak hanya mengandalkan otot kaki dan paha, melainkan otot perut dan tubuh bagian atas juga ikut bekerja.

Otot perut akan memberikan stabilitas, menjaga pergerakan, dan tubuh tetap tegak. Saat mengalami kelelahan, terutama pada otot abdominal atau perut, hal ini bisa menimbulkan kalikiben, nyeri, bahkan sensasi terbakar.

4. Gangguan sistem pencernaan

Bila Anda baru saja makan sebelum lari, hal ini bisa menyebabkan kram dan nyeri pada perut.

Saat anda mulai berlari atau melakukan aktivitas fisik lainnya, aliran darah lebih difokuskan ke otot, bukan ke sistem pencernaan.Ini dapat menyebabkan kram, mual, atau bahkan muntah jika makanan belum tercerna dengan baik.

5. Perut tertekan

Kondisi perut tertekan juga bisa menimbulkan perut sakit saat lari atau kalikiben karena gerakan berlari dapat membuat isi perut terdesak. Perut juga bisa berbenturan dengan organ-organ lain yang kemudian membuat jaringan ikat perut meregang hingga menimbulkan rasa sakit.

 

itulah penyebab dan cara mengatasi perut sakit saat lari agar kalian tidak bingung lagi untuk memulai olahraga. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk lari. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id