Puasa di bulan Ramadan seringkali menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Ramadhan adalah waktu yang istimewa karena banyak perubahan dalam aktivitas sehari-hari seperti B. bangun sebelum matahari terbit untuk Sahur, menyesuaikan tubuh dengan aktivitas selama puasa, mempersiapkan ibadah agar lebih meriah. Sebelum Ramadhan, Anda harus siap secara fisik dan mental untuk berpuasa. Persiapan ini bermanfaat di masa transisi, agar jiwa dan raga tidak kaget dengan perubahan saat berpuasa.

Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi

Seminggu sebelum Ramadan, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Bila perlu, minumlah satu atau dua gelas air lebih banyak dari biasanya. Tujuannya adalah untuk memastikan hidrasi tubuh pada tingkat yang optimal. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, diharapkan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Bahkan jika puasa Ramadhan dimulai pada awal musim kemarau.

Kurangi asupan kafein Anda secara bertahap

Jika Anda terbiasa dengan kafein, coba kurangi kopi atau teh secara bertahap. Tiba-tiba menghentikan kafein selama Ramadhan menyebabkan sakit kepala di awal puasa. Anda dapat memperbaikinya dengan mengurangi asupan kafein harian Anda. Misalnya, mengganti kopi biasa dengan kopi tanpa kafein. Jika Anda minum teh atau minuman berkafein lainnya, kurangi dosis Anda dari dua kali sehari menjadi sekali sehari.

Bangun lebih awal

Atur jam alarm Anda lebih awal dari biasanya di pagi hari. Jika Anda terbiasa bangun jam setengah lima atau lima pagi, gerakkan secara bertahap setengah jam lebih awal setiap hari. Cara ini bertujuan untuk memastikan ritme tidur sudah terbentuk selama berpuasa. Menyesuaikan waktu bangun juga harus diimbangi dengan waktu tidur yang lebih awal. Selain itu, agar tidak mengganggu pencernaan, segeralah sarapan setelah bangun tidur untuk membiasakan mengatur porsi makan saat berpuasa.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.