Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang disebabkan oleh kegagalan jantung dan pembuluh darah. Jika ditanya tentang jenis penyakit kardiovaskular, jenis yang diketahui kebanyakan adalah penyakit jantung dan stroke. Namun sebenarnya ada beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan masalah kesehatan ini.

Jenis penyakit kardiovaskular yang diketahui adalah penyakit arteri koroner, stroke, penyakit arteri perifer, dan penyakit aorta.

Penyakit jantung koroner

Menurut NHS, penyakit arteri koroner terjadi ketika aliran darah beroksigen ke otot jantung berkurang atau tersumbat. Kondisi ini dapat menyebabkan jantung bekerja terlalu keras dan menyebabkan angina pektoris (nyeri dada akibat penurunan aliran darah ke jantung), serangan jantung, atau gagal jantung.

Stroke

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak berkurang atau tersumbat. Kondisi yang memerlukan perhatian medis segera dapat menyebabkan kerusakan otak permanen yang berujung pada kematian. Gejala utama stroke adalah wajah lemas atau mulut tertutup, lengan dan kaki lemah atau tidak bergerak, dan bicara lambat atau cadel.

Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer terjadi ketika arteri tersumbat, biasanya di tungkai dan kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri kaki seperti tekanan dan kram saat berolahraga, rambut rontok pada kaki, mati rasa atau lemas pada kaki, luka atau borok yang tidak kunjung sembuh pada tungkai dan kaki.

Penyakit aorta

Penyakit aorta terjadi ketika pembuluh darah terbesar dalam tubuh, atau aorta, tersumbat atau terputus. Salah satu jenis penyakit aorta yang paling umum adalah aneurisma aorta. Kondisi ini menyebabkan aorta melemah dan membengkak. Penyakit berbahaya ini biasanya tidak menunjukkan gejala. Namun, jika pembuluh darah pecah, yang terkena bisa mengalami pendarahan yang bisa berakibat fatal.

Jika Anda memiliki tanda-tanda di atas dan mengalami salah satu penyakit di atas, segera lakukan kontrol penyakit dengan rutin mengunjungi dokter dan menerapkan pola hidup sehat. Dengan demikian, penyakit ini dapat dicegah.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.