Sekalipun sudah mengetahui peran penting dari olahraga untuk memelihara kesehatan tubuh, banyak orang yang masih belum berolahraga secara rutin. Alasan yang paling sering dikemukakan adalah padatnya kesibukan sehari-hari sehingga merasa tidak ada waktu yang tersisa untuk berolahraga. Padahal banyak olahraga yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan durasi yang relatif singkat.

 

Bahkan ketika Brosist hanya memiliki waktu luang selama 15 menit setiap harinya, Brosist tetap dapat menggunakannya untuk berolahraga, lho! Sebuah studi di Lancet menyebutkan bahwa olahraga intensitas sedang setidaknya 15 menit per hari sudah memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Olahraga yang Cocok untuk Orang Sibuk

Berikut jenis-jenis latihan yang bisa menjadi pilihan untuk Brosist yang ingin tetap sehat dan bugar namun hanya memiliki sedikit waktu untuk berolahraga:

 

Jalan cepat

Jalan cepat atau brisk walking adalah jenis olahraga yang relatif paling sederhana, yaitu berjalan kaki dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan normal kita saat berjalan, atau jika diukur dengan satuan, kecepatan minimal berjalan yang memenuhi syarat untuk latihan berintensitas sedang adalah 100 langkah per menit.

Satu-satunya perlengkapan olahraga yang Brosist butuhkan adalah sepasang

sepatu. Walaupun terdengar sederhana, berjalan cepat ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan pengaturan postur dan teknik berjalan yang tepat, berjalan cepat tidak hanya melatih jantung dan paru-paru, namun juga bisa membantu mengencangkan otot di banyak bagian tubuh. Jika dilakukan dengan teratur setidaknya 150 menit dalam seminggu, berjalan cepat juga mampu membantu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit dan sindrom metabolik.

Pilih waktu di pagi hari dan Brosist akan mendapat manfaat ekstra berupa paparan sinar matahari pagi yang membantu tubuh dalam proses produksi vitamin D. Untuk Brosist yang tidak sempat berjalan cepat di pagi hari, olahraga ini bisa dilakukan di banyak tempat, seperti di sekolah, di kampus, di kantor, dan lain sebagainya. Pastikan Brosist menggunakan sepatu yang mendukung aktivitas berjalan kaki, ya!

 

Indoor walking

Lingkungan sekitar tempat tinggal yang kurang memungkinkan untuk berolahraga outdoor dan cuaca yang kurang baik sering menjadi kendala untuk melakukan aktivitas kesehatan seperti berjalan cepat yang sudah kita bahas sebelumnya. Tenang aja Brosist, ada beberapa alternatif pengganti brisk walking yang bisa Brosist lakukan untuk berolahraga, salah satunya adalah indoor walking.

Brosist dapat menemukan banyak video di YouTube untuk melakukan kegiatan ini, dengan pilihan musik, variasi gerakan, dan durasi yang bervariasi, mulai dari 15 menit hingga 1 jam. Walaupun dilakukan di dalam rumah, namun sebaiknya Brosist tetap mengenakan sepatu saat melakukan jenis olahraga ini agar bagian kaki Brosist mendapatkan support yang dibutuhkan saat melakukan latihan.

 

Yoga

Yoga adalah suatu aktivitas yang menggabungkan antara latihan fisik dan pikiran (body and mind exercise). Secara umum dalam yoga terdapat berbagai pose yang jika dilakukan dengan benar beserta teknik pengaturan napasnya, maka Brosist bisa memperoleh banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Yoga diketahui dapat membantu menurunkan level kortisol, yaitu hormon yang banyak diproduksi saat tubuh kita mengalami stres. Banyak yang mengira bahwa yoga harus dilakukan dalam suatu sesi yang berdurasi panjang. Faktanya, yoga juga bisa dilakukan dalam durasi yang pendek, dan dapat dilakukan pagi hari, siang hari, bahkan malam hari sebelum tidur.

Melakukan yoga 10-15 menit setiap hari dapat membantu memelihara kesehatan dan juga mood Brosist. Brosist yang belum familiar dengan yoga pun dapat melakukan yoga sesuai dengan kemampuan masing-masing, karena yoga diperuntukkan bukan hanya untuk mereka yang bertubuh lentur, namun bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh kita.

 

High-Intensity Interval Training (HIIT)

Buat Brosist yang menyukai olahraga yang lebih energik, HIIT bisa menjadi pilihan yang menarik, dan tetap bisa dilakukan secara rutin walaupun Brosist memiliki jadwal yang padat. HIIT adalah jenis latihan yang melibatkan gerakan berintensitas tinggi berulang dengan periode istirahat pendek di sela-selanya. Kombinasi gerakannya pun beragam, mulai dari jump, squat, plank, dan lain sebagainya. HIIT merupakan jenis olahraga yang mampu membakar kalori cukup tinggi dengan durasi yang relatif singkat.

Brosist, itulah beberapa pilihan latihan yang bisa Brosist lakukan untuk tetap sehat dan bugar di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Untuk menyediakan setidaknya 15 menit setiap harinya, Brosist bisa bangun sedikit lebih pagi, memanfaatkan waktu istirahat kerja atau sekolah, ataupun melakukannya sambil menjalani aktivitas lain seperti menunggu masakan matang misalnya. Semoga Brosist semua mendapatkan motivasi yang besar untuk tetap sehat dengan rajin berolahraga ya!

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.