Lari menggunakan treadmill dapat menjadi alternatif lari di luar ruangan ketika cuaca tidak mendukung, Anda segan ke luar rumah, atau tidak punya banyak waktu luang. Penggunaan alat olahraga ini sebenarnya mudah, tapi ada cara menggunakan treadmill yang bisa mengoptimalkan hasil latihan Anda.

Cara menggunakan treadmill yang benar

Meski terlihat mudah, Anda harus tahu betul cara menggunakan treadmill untuk membantu memaksimalkan latihan. Nah, berikut panduannya.

1. Pelajari tombol pada treadmill

Treadmill dilengkapi tombol untuk mengatur kecepatan dan jarak tempuh. Anda bisa menekan tombol start untuk memulai dan stop untuk berhenti. Selain itu, mesin treadmill modern biasanya telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung performa latihan, seperti indikator jantung dan jumlah kalori yang terbakar.

2. Melakukan pemanasan

3. Berdiri dengan posisi yang tepat

4. Mulai secara perlahan

Jika Anda baru pertama kali menggunakan alat olahraga ini, jangan langsung mulai berlari dengan intensitas tinggi. Cobalah jogging atau jalan perlahan terlebih dahulu agar tubuh dapat beradaptasi dengan kecepatan laju alat treadmill.
5. Lari di treadmill dengan durasi 30 menit
Berapa lama sebaiknya Anda latihan dengan treadmill? Jawabannya tergantung dengan tujuan latihan Anda.Untuk membantu meningkatkan kebugaran tubuh, awali sesi dengan berjalan terlebih dahulu di atas treadmill selama 5 – 10 menit. Kemudian, secara bertahap tambah kecepatan lari Anda selama 30 menit.

6. Lakukan berbagai variasi gerakan

Jika Anda sudah mulai terbiasa menggunakan mesin treadmill, Anda bisa mencoba berbagai variasi gerakan lainnya untuk meningkatkan intensitas latihan. Anda bisa mencoba berlari menanjak dengan fitur incline mode. Mulailah secara bertahap dengan berjalan atau jogging di atas treadmill sekitar 5 – 10 menit.

7. Gunakan fitness tracker

Tips menggunakan treadmill selanjutnya agar olahraga maksimal adalah dengan mengaktifkan fitur fitness tracker untuk mengawasi perubahan detak jantung Anda. Bagi Anda yang baru menggunakan treadmill, cobalah targetkan detak jantung antara rentang 50 – 65% dari detak jantung maksimal.8. Jangan lari berpegangan handrail

9. Lakukan pendinginan dengan fitur cooling down

10. Penuhi kebutuhan cairan

Hal penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat berlari menggunakan treadmill adalah menyediakan air minum yang cukup.

itulah Cara Tepat Menggunakan Treadmill agar kalian tidak bingung lagi untuk memulai olahraga. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk lari. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id