Pemanasan dan pendinginan merupakan komponen penting dalam olahraga. Dua komponen itu memiliki peran yang sangat signifikan dalam mempersiapkan tubuh sebelum olahraga dan membantu pemulihan setelah olahraga.

Pemanasan dan pendinginan sangat perlu kita lakukan didalam olahraga. Pemanasan mampu mengurangi resiko cidera dan meningkatkan performa saat olahraga, dan pendinginan membantu tubuh pulih dengan cara menurunkan suhu tubuh secara bertahap setelah berolahraga. Berikut beberap alasan mengapa pemanasan dan pendinginan penting dalam olahraga:

Pemanasan

1. Meningkatkan sirkulasi darah : pemanasan melibatkan gerakan ringan dan latihan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot.

2. Meningkatkan fleksibilitas : pemanasan melibatkan gerakan yang melibatkan rentang gerakan penuh pada sendi dan otot ini sangat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga mengurangi resiko cedera saat berolahraga.

3. Meningkatkan kinera fisik: pemanasan membantu mempersiapkan tubuh secara fisik dan mental untuk aktivitas olahraga yang lebih intens. Ini membantu meningkatkan kinerja atletik dan mengoptimalkan hasil yang dicapai selama latihan atau pertandingan

Pendinginan

1. Mengurangi resiko cidera : pendinginan melibatkan gerakan ringan dan Latihan yang bertujuan untuk mengurangi suhu tubuh secara bertahap. Ini sangat membantu mengurangi resiko cedera otot dan lengan setelah berolahraga yang intens.

2. Mempercepat pemulihan: pendinginan membantu mengembalikan tubuh ke keadaan normal setelah berolahraga. Ini membantu mengurangi kelelahan otot , menghilangkan asam laktat yang terakumulasi dan mempercepat pemulihan tubuh secara keseluruhan

3. Mengurangi kekakuan otot: pendinginan melibatkan gerakan yang  rentang gerakan penuh pada sendi dan otot. Ini sangat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh setelah berolahraga.

Pemanasan dan pendinginan adalah bagian yang sangat penting sebelum berolahraga. Supaya dapat membantu mempersiapkan tubuh sebelum olahraga dan sesudah olahraga. Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar, kita dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi cidera.

 

Itulah pentingnya pemanasan dan pendinginan dalam rutinitas olahraga. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan sepatu dan gear yang sesuai untuk olahraga. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id ya