Pemain yang akrab disapa Wemby itu menjadi pemain termuda yang meraih minimal 5 angka dalam poin, rebound, asis, steal, dan blok sejak statistik itu tercatat pada 1973-1974 atau disebut sebagai “5×5”

Rekor itu tercipta saat San Antonio Spurs bertandang ke markas Los Angeles Lakers. Dan Wemby meraihnya di tahun pertamanya sebagai pemain NBA. Ia menjadi pemain ke-22 dalam sejarah yang mencetak statistik itu.

“Dia tidak memiliki batasan. Dia bisa melakukan apapun yang dia ingin lakukan dalam kariernya. Sepertinya dia menikmati permainan itu. Sudah lama saya mengatakan dia memang istimewa,” puji LeBron James usai pertandingan.

Spurs memang kalah 118-125 dari Lakers. Tetapi Wemby mencuri perhatian di Crypto.com Arena, Los Angeles. Pemuda asal Prancis itu hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencatat 5×5. Ia mengumpulkan 27 poin, 10 rebound, 8 asis, 5 steal, dan 5 blok. Wemby mencetak 7 tembakan (16 percobaan) termasuk 3 tripoin tepat sasaran dan hanya meleset satu dari 11 tembakan gratis.

Catatan 5×5 itu menjadi yang pertama kali sejak raihan serupa dibuat oleh Jusuf Nurkic pada awal tahun 2019. Saat masih menjadi pemain Portland Trail Blazers, Nurkic membuat 24 poin, 23 rebound, 7 asis, 5 blok, dan 5 steal.

Victor Wembanyama dunks the ball during the game against the Lakers.

Wemby menjadi ruki kedua dengan raihan 5×5. Sebelumnya ada Jamaal Tinsley yang mencetaknya pada 2001. Selain itu, Wemby menjadi pemain kedua setelah Michael Jordan yang meraih 5 blok dan 5 steal dalam dua gim beruntun. Pada gim kemarin melawan Kings, Wemby mencatat 19 poin, 13 rebound, 4 asis, 5 blok, dan 5 steal.

“Bagi saya itu nomor dua. Saya berharap ke depan kami bisa memiliki performa bagus. Tetapi sampai hari ini, saya belum bisa puas dengan rekor ini karena menelan kekalahan,” ujarnya.

Dengan berbagai rekor mentereng musim ini, Wemby semakin dekat dengan penghargaan pertamanya yaitu Rookie of the Year. Saat ini ia memang memimpin klasemen ruki terbaik. Pesaing terdekatnya adalah Chet Holmgren. Disusul Brandon Miller di posisi ketiga.

Tidak hanya berbagai rekor langka. Wemby juga duduk di puncak statistik lain musim ini. Pemain kelahiran 4 Januari 2004 itu memimpin liga dengan 3,3 blok per gim. Jauh di atas rata-rata Walker Kessler dengan 2,7 blok per gim. Wemby mengumpulkan total 161 blok dan unggul atas Chet dengan 146 blok.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear basktet bisa langsung klik teks ini aja atau kunjungi ncrsport.com untuk koleksi sepatu basket lainnya.