Skateboarding saat ini sudah menjadi olahraga anak jaman now dan sarana untuk bisa meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan ketahanan fisik, membakar kalori, mengurangi resiko stress dan depresi, memperkuat kinerja jantung, dan memperluas sosialisasi. Setiap sore di taman-taman kota banyak orang-orang yang bermain skateboard, bahkan di berbagai kota fasilitas bermain skateboard sudah terbangun rapi dan nyaman. Skateboard sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 80-an. Berikut fakta-fakta seputar olah raga skate board,

Lahir di California

Skatenboard berasal dari California sejak 1960-an. Papan pertama yang digunakan tidak lebih dari sekedar papan kayu yang dipasangi roda. Baru kemudian ketika pembuat papan seluncur mulai membuat skateboard, mereka mulai menyerupai papan yang kita lihat hari ini. Kompetisi resmi pertama adalah di California pada tahun 1965.

 

Roda awal terbuat dari logam atau tanah liat

Papan awal memang menggunakan roda yang terbuat dari logam atau tanah liat. Membuat papan menjadi lambat, berisik dan kikuk. Baru pada awal tahun 1970-an roda poliuretan masuk ke pasar, dimana Frank Nasworthy dan perusahaannya Cadillac Wheels menjadi promotornya.

 

Trik Ollie


Salah satu trik paling populer skateboard, ollie, diciptakan pada tahun 1978 oleh Alan “Ollie” Gelfad. Ini biasanya adalah salah satu trik pertama yang disempurnakan oleh seorang skater baru.

 

Jangan lupa untuk mampir ke NCRSPORT.COM karena disana lagi banyak DISKON GEDE untuk sepatu-sepatu skateboard impian kalian lho!