Setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda, tipe tubuh tersebut ditentuan oleh hormon dan gen yang kita hasilkan selama masa pubertas. Umumnya, terdapat tiga tipe bentuk tubuh berdasarkan genetik, yaitu: Ectomorph, Mesomoprh, dan Endomorph.

Dengan mengetahui bentuk tubuh yang dimiliki, dapat membantu untuk mengetahui makanan apa yang baik dikonsumsi atau dihindari. Berikut ini penjelasan masing masing tibe tubuh.

1. Ectomorph

Tipe tubuh ini secara alami terlihat sangat kurus. Orang dengan tipe tuuh bertipe seperti ini biasanya memiliki postur badan yang tinggi dengan lengan dan kaki yang panjang. Selain itu mereka secara umum sulit untuk membentuk otot dan lemak pada tubuh. Tipe tubuh Ectomorph harus fokus pada latihan menggunakan beban yang cukup berat.

2. Mesomoprh

Tipe tubuh ini tidak terlalu kurus seperti ectomorph dan tidak kelebihan berat badan, mereka hanya berukuran sedang. Mereka biasanya menambah dan menurunkan berat badan dengan cepat dan juga dapat membentuk otot dengan cepat. Jenis olahraga yang disarankan untuk tipe tubuh Mesomorph adalah jenis olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan, dan ketangkasan.

3. Endomoprh

Tipe tubuh ini secara alami lebih besar daripada tibe tubuh lainnya. Mereka biasanya memiliki postur yang pendek sampai sedang dengan lengan dan kaki yang lebih pendek (rata rata).

Mereka dapat menambah masa otot dengan cepat, namun sulit untuk menurunkan berat badan karena tubuh mereka cenderung menyimpan banyak lemak lebih banyak dibanding tipe lainnya.

Orang dengan jenis tipe tubuh Endomorph disarankan untuk melakukan jenis olahraga ringan yang tidak menyebabkan tegangan tinggi pada kerangka tubuh, dan aktivitas fisik yang durasinya agak lama namun tidak berlebihan.

Setiap orang punya kondisi dan kemampuan masing-masing dalam menentukan metode latihannya. Dengan lebih aware tentang tipe tubuhmu, maka brosist bisa fokus dengan bentuk latihan yang paling sesuai agar usaha dan jerih payahnya tidak sia sia.

Segera lengkapi kebutuhan olahraga brosist dengan klik text ini ya!***


Rezkyanto Pramadhika

𝐒𝐡𝐨𝐞𝐬 𝐒𝐩𝐞𝐚𝐤 𝐋𝐨𝐮𝐝𝐞𝐫 𝐓𝐡𝐚𝐧 𝐖𝐨𝐫𝐝𝐬