Charles “Chuck” Taylor

Brand Converse adalah salah satu brand sepatu tertua di dunia. Pada awal kemunculannya, Converse memang lebih banyak berfokus pada sepatu olahraga basket pada zaman dulu. Namun, seiring berjalannya waktu hingga hari ini Converse menjadi salah satu benchmark untuk sepatu kasual atau life-style di dunia.

Salah satu sepatu ikonik dari Converse sendiri yaitu Converse All-Star Chuck Taylor. Bagi orang-orang awam atau anak zaman now, nama “Chuck Taylor” sendiri sudah dianggap menjadi sebuah nama sepatu. Padahal nama tersebut diberikan karena adanya bantuan dari salah satu pemain basket profesional di tahun 1921 yaitu Charles “Chuck” Taylor. Pemain basket yang bermain untuk tim Akron Firestone.

 

 

Mengeluh Sakit Kaki Saat Bermain Basket
Pada saat itu Chuck sering sekali mengeluhkan kakinya yang sering sakit karena memakai sepatu basket sebelumnya. Disaat yang bersamaan seri All-Star dari Converse dirasa sangat berpotensi terkenal di kalangan para pemain basket. Akhirnya Chuck bergabung dengan Converse dan memutuskan untuk memakai sepatu Converse All-Star tersebut.

Lahirnya Sepatu Basket Signature “Chuck Taylor”
Sebelum tahun 1930-an, Chuck selalu memakai sepatu All-Star tersebut untuk bermain basket di kancah profesional. Serta, Converse bekerjasama dengan Chuck untuk membuat sejenis Basketball Camp Class keliling Amerika bahkan ke beberapa negara lainnya dengan tujuan untuk mempromosikan sepatu basket Converse All-Star tersebut. Dan hal tersebut berdampak besar dan bagus untuk penjualan sepatu tersebut. Sehingga di tahun 1932, Converse menambahkan tanda tangan Chuck Taylor pada logonya di samping sepatu All-Star dan akhirnya Converse menambahkan nama “Chuck Taylor” di Converse All-Star.

Memperluas Target Pasar
Semenjak lahirnya All-Star Chuck Taylor, hampir seluruh pemain basket memakai sepatu tersebut. Karena pamor nya yang semakin besar, tidak hanya para pemain basket saja yang memakai sepatu tersebut namun dari para public figure terkenal juga mulai memakai sepatu ini sebagai sepatu life-style.

Pindah Haluan ke Kasual

Converse All-Star Chuck Taylor

Pada awal 80-an pamor Converse sebagai sepatu basket mulai turun karena pesaing baru di dunia basket pada saat itu Nike yang sedang naik daun karena Michael Jordan. Sehingga lama-kelamaan nama Converse di dunia basket mulai menghilang. Namun karena masyarakat masih banyak yang menyukai Converse All-Star Chuck Taylor sebagai sepatu kasual/life-style, akhirnya nama Converse lebih terkenal di dunia street style/casual wear hingga saat ini dan menjadi salah satu sepatu kasual terbaik dengan penjualan yang selalu tinggi setiap tahunnya.

Jadi sebenarnya Converse All-Star Chuck Taylor ini adalah sepatu basket. Cocok banget nih buat kalian yang pingin tampil keren dan basket banget pas lagi jalan-jalan santuy. Kalian bisa langsung dapetin Converse All-Star Chuck Taylor dengan diskon gede hanya di NCR Sport! Langsung aja klik teks ini ya…