Pada olahraga basket terdapat beberapa jenis lapangan yang dipakai untuk bermain. Salah satunya adalah lapangan outdoor yang terletak diluar ruangan. Bagi para pemain basket di Indonesia mayoritas lebih banyak/sering bermain di lapangan outdoor atau di lapangan dengan permukaan yang keras dan kasar. Keadaan dan kondisi dari lapangan tersebut mempengaruhi hampir segala aspek dalam basket. Mulai dari cara bermain hingga pakaian/gear yang dipakai.

Pada kasus gear basket khususnya sepatu, tidak semua sepatu basket memiliki ketahanan yang bagus untuk digunakan diluar ruangan. Biasanya sepatu basket untuk outdoor cenderung memiliki beban yang lebih berat dibandingkan sepatu basket yang di desain untuk indoor. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh material yang dipakai pada sepatu outdoor cenderung lebih tebal/keras karena menyesuaikan dengan kondisi lapangannya yang juga berdebu, kasar, dan memiliki suhu yang tidak menentu. Salah satu bagian sepatu yang sangat penting untuk lo perhatikan jika ingin bermain di lapangan outdoor adalah outsole sepatu. Banyak sekali kejadian outsole sepatu basket bakalan cepat habis/aus jika dipakai di lapangan outdoor.

Nah, ada beberapa kriteria outsole yang harus lo perhatikan untuk digunakan di lapangan outdoor:

1. Pilih material outsole yang keras

Rata-rata outsole pada semua sepatu memakai material karet/rubber. Pemakaian material karet tersebut dipilih karena memiliki traksi yang cukup bagus di segala permukaan. Semakin lembut bahan karet yang dipakai pada outsole tersebut, maka semakin bagus traksinya namun memiliki ketahanan yang tidak lama khususnya pada pengguanaan di lapangan outdoor. Jadi, jika lo lebih sering bermain di lapangan outdoor pilihlah material outsole dengan karet yang lebih keras. Pada saat ini ada beberapa macam pilihan jenis karet yang bisa kalian pakai di outdoor, salha satunya outsole dengan material karet yang tembus pandang/transluscent cenderung lebih keras dan awet daripada outsole dengan karet yang biasa.

 

2. Kedalaman dan ketebalan outsole

Semakin dalam pattern dari outsole maka semakin lama dan awet outsole tersebut di lapangan outdoor namun jika terlalu dalam juga akan mempengaruhi mobilitas kalian saat bermain basket. Ketebalan pada pattern outsole juga berpengaruh pada durabilitas saat pemakaian di outdoor. Rata-rata outsole yang lebih tebal cenderung lebih durabilitas lebih lama.

 

3. Pola pattern outsole

Sebenarnya tidak ada pola tertentu/khusus untuk outsole yang digunakan di outdoor. Namun lebih baik jika dilapangan outdoor sebaiknya pilih pola outsole/traksi yanh multi-directional ataupun multi-pattern dimana pola tersebut ada beberapa bagian yang memiliki pola yang berbeda atau berbeda arah karena hal tersebut cocok untuk lapangan outdoor yang biasanya tidak rata dan kasar.

 

Nah, gimana nih brosist, jadi lebih aware lagi nih kalo mau beli sepatu basket yang bakalan lo pakai di outdoor biar awet.

Di NCRSPORT.COM ada lho sepatu-sepatu basket yang bakalan awet banget kalian pakai di lapangan outdoor. Nah langsung aja klik teks ini brosist!