Dalam pola pertahanan setiap pemain harus menjaga dan menutup ruang gerak lawan agar lawan tidak memiliki keleluasaan berpindah dan menguasai bola. Peran pemain bertahan sangat penting dalam pola pertahanan.

Di mana pemain bertahan harus selalu berdekatan dan bergerak mengikuti ke manapun lawan berpindah agar mereka mendapatkan gangguan. Gangguan tersebut pada akhirnya membuat lawan menjadi kesulitan melakukan operan atau tembakan ke arah ring.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa salah satu keuntungan zona defence dalam strategi permainan bola basket yaitu lebih mudah mengantisipasi operan atau tembakan lawan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam permainan bola basket zona defence atau pola pertahanan daerah dibagi menjadi dua yaitu pola 1-2-2 dan pola 2-3.

Pola 1-2-2 maksudnya adalah dua orang menjaga dua pemain yang posisinya jauh dari ring, satu orang menjaga di tengan dan dua pemain lainnya menjaga di sekitar ring basket.

Sementara itu untuk pola 2-3 adalah dua orang menjaga dua pemain yang posisinya jauh dari ring dan tiga pemain lainnya menjaga di sekitar ring basket untuk mengantisipasi serangan lawan.

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa keuntungan ketika tim basket menerapkan zona defence dalam sebuah pertandingan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Keuntungan pertama strategi pertahanan zona defence adalah lebih mudah mengantisipasi operan lawan
Keuntungan kedua adalah memberikan tekanan pada lawan sehingga peluang lawan untuk melakukan kesalahan lebih besar

Keuntungan ketiga adalah meredam kemampuan pemain kunci lawan, khususnya mereka yang memiliki kemampuan dribbling sangat bagus.

Gimana udah paham kan? semoga tips dari mimin bisa berguna dan buat yang belum coba brosist bisa mencobanya deh! Makanya sebelum mulai bermain basket alangkah baiknya buat lengkapi peralatannya di ncrsport.com yaa!