Olahraga lari saat ini udah banyak digandrungi khalayak umum nih brosist, malahan udah termasuk dalam healty lifestyle yang mana makin sekarang, semakin populer juga. Kalau udah jadi kebiasaan tentu harus dilakukan dengan tepat ya brosist, agar menghindari dari cedera. Seperti salah satunya dengan menggunakan sepatu lari yang tepat. So, gak heran kalau sepatu lari adalah bagian yang tak terpisahkan bagi pelari.

Mulai dari nemenin latihan, daily run hingga lomba. Makanya, gak menutup kemungkinan kalau sepatu lari kesayangan brosist bisa terpapar banyak hal yang berpotensi membuatnya kotor, mulai dari keringat, cuaca, dan kondisi lingkungan dimana brosist berlari, sebut saja tanah liat track, genangan air, hingga lumpur. It’s time to give backSemua kotoran tersebut berpotensi membuat sepatu lebih cepat rusak dari seharusnya. Daripada nunggu sampai rusak, lebih baik dirawat dulu deh! seperti dengan membersihkannya secara teratur dengan tepat. Menyisihkan waktu untuk membersihkan sepatu lari tidak saja membuat penampilannya lebih baik namun juga membantu membuatnya lebih awet.

Dilansir dari situs asics dan new balance, inilah tips membersihkan sepatu lari, check this out!

Hilangkan Kotoran Terlebih Dahulu

Begitu brosist selesai lari dengan pemakaian sepatunya, misalnya untuk lari trail, segera bersihkan sepatu dari lumpur atau pasir yang menempel sebelum terlanjur mengeras dan jadi kerak. Gunakan sikat gigi bekas, air hangat, dan sabun yang lembut, misalnya sabun mandi cair. Saat mengelapnya, gunakan kain yang basah atau lembab.

Pisahkan Bagian Insole-nya

Bila memungkinkan, lepaskan bagian sockliner atau insole-nya dan cuci terpisah. Ini membantu membuat bagian dalam sepatu lebih bersih dan segar. Sebab insole merupakan bagian sepatu yang paling terkena tekanan langsung dari kaki sehingga memungkinkan lebih cepat menyebabkan bau karena kelembaban yang diterima. Jangan kelewatan juga lepaskan tali sepatunya dan cuci terpisah.

Keringkan Secara Alami

Jangan jemur sepatu lari di bawah sinar matahari langsung. Hal ini akan mengubah bentuk sepatu. Jadi cukup jemur dengan tidak menerima matahari secara langsung seperti dibawah teduhan. Disisi lain, buka lidah sepatu dan masukkan kitchen paper atau koran bekas. Kertas akan menyerap kelembapan di dalam sepatu. Umumnya butuh waktu 12 jam hingga sepatu mengering secara alami.   

Pilih Produk Pembersih Yang Tepat

Seperti halnya pembersih suede untuk sepatu suede, bila ingin membeli produk pembersih khusus, pastikan terbuat dari bahan silikon untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada sepatu brosist.

Gunakan Spray khusus Sepatu

Bau sepatu memang tak enak. Untuk menghilangkan dan mencegah bau, boleh gunakan spray khusus sepatu. Tentunya ini akan membuat sepatu lebih awet juga ya.

Hindari Mencuci di Mesin Cuci

Walaupun emang gak semua sepatu dilarang dicuci di mesin cuci ya. Namun secara umum, membersihkan sepatu dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci tidak disarankan karena ada materi di dalam sepatu yang tidak boleh terpapar panas dan tidak boleh direndam di dalam air. Meski demikian, ikuti petunjuk pembersihan yang ada pada sepatu. Beberapa jenis sepatu memungkinkan pencucian dengan mesin cuci.

 

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa brosist coba agar sepatu lebih awet dan nyaman ketika digunakan saat keadaan bersih. Sedikit saran tambahan dari mimin sih, kalau brosist suka olahraga lari, tak ada salahnya memiliki lebih dari satu pasang sepatu lari. Dengan demikian brosist bisa beralih mengenakan sepatu yang lain sembari menunggu sepatu yang sedang dibersihkan mengering. Urusan sepatu lari sih tinggal klik teks ini aja ya brosist. Atau kalau lo mau sepatu lainnya tinggal kunjungi aja ncrsport.com