Semakin banyak variasi material yang sepatu sneakers suguhkan. Seperti dari canvas, kulit, suede, serta bahan unik seperti hologram dan gore-tex. Namun jangan salah, ternyata bahan suede itu termasuk material sepatu yang susah dirawat. Kalau mau sepatu suede nya selalu kelihatan kinclong dan baru, brosist harus tahu cara merawat sepatu suede dengan benar tak lain lagi biar sepatu suede bisa lebih awet.

Beda dari sepatu sneakers biasa, bahan suede punya tekstur yang lebih lembut dan rapuh. Tampilannya mirip kain beludru, namun aslinya terbuat dari kulit sapi, domba, rusa, atau kambing yang diproses sedemikian rupa. Material yang satu ini sudah sukses manarik perhatian dan berhasil bertengger pada beberapa lemari para sneakerhead. Sayangnya permukaan suede yang berbulu membuatnya rentan noda dan debu. Air jadi musuh utama yang harus dihindari jika ingin sepatu tetap bersih dari noda. Lalu gimana cara merawat sepatu suede biar lebih awet?

Simpan di Tempat Kering
Sama seperti cara merawat bahan kulit pada umumnya, sepatu suede juga tidak boleh disimpan di tempat lembap. Hal ini akan membuat sepatu suede jamuran atau rusak.

Hindari Terkena Air
Air bisa mengubah warna dan tekstur suede. Kalau sedang hujan atau becek sebaiknya hindari mengenakan sepatu suede guna menghindari hal-hal tidak diinginkan. Brosist bisa juga gunakan sepatu bahan gore-tex yang memang dikhususkan anti air.

Jika sepatu berbahan suede terlanjur basah, segera angin-anginkan sampai kering. Brosist juga bisa menggunakan hairdryer bersuhu sedang. Jangan sekali-kali membasahi atau mengelap sepatu suede pakai air ya. Kalau brosist memang mau membersihkan sepatu suede pakai air, lakukan perlahan dengan ikut menyikat semua permukaan sepatu biar warnanya sama rata. Tricky, tapi bukannya mustahil untuk dilakuin. Semua demi warna sepatu yang rata dan natural!

Pakai Tepung atau Bedak
Ini lah tips and trick nya yang perlu brosist ketahui. Kalau sepatu suede nya ketumpahan minyak atau kuah makanan, taburkan tepung atau bedak di area yang kotor. Diamkan semalaman, tepung menyerap dan mengangkat noda dari permukaan kulit. Tinggal sikat sisa tepung dengan sikat halus, sepatu suede kembali bersih seperti sedia kala.

Manfaatkan Penghapus, Handuk, atau Cuka
Bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah juga bisa digunakan untuk merawat sepatu bahan suede. Untuk noda ringan, bisa coba menggosok lembut kotorannya pakai penghapus karet warna putih. Brosist juga bisa menggunakan handuk kecil yang dibasahi dengan cuka.

Beli Spray Pelindung
Sebelum kotor terkena noda, lakukan langkah pencegahan untuk melindungi kulit suede dengan menyemprotkan spray khusus. Spray jenis ini bisa dibeli di toko reparasi atau toko sepatu. Bahan kimia yang ada dalam spray akan melindungi permukaan suede dari kotoran dan air. Agar permukaan suede tetap rapi, brosist bisa menyisirnya dengan dengan sikat halus.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik dalam cara merawat sepatu berbahan suede ya. Sepatu dengan bahan suede juga memberikan kesan ekslusif dan lebih formal untuk itu bisa juga digukanan dalam kegiatan formal. Buat brosist yang mau sepatu sneakers dengan bahan suede bisa klik teks ini. Jangan lupa juga kunjungi ncrsport.com untuk koleksi sneakers lainnya.