Makan berlebihan bisa menjadi kebiasaan yang memiliki efek samping negatif pada kesehatan Anda. Meski makanan penting bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun terlalu banyak juga tidak sehat.

Meningkatkan lemak tubuh

Itu mengarah pada obesitas. Namun, konsumsi protein yang berlebihan tidak meningkatkan lemak tubuh karena cara metabolismenya. Kalori ekstra dari karbohidrat dan lemak meningkatkan lemak tubuh dengan lebih mudah. Untuk menghindari lemak berlebih, disarankan untuk mengonsumsi protein tanpa lemak dan sayuran non-tepung sebelum makan tinggi karbohidrat dan lemak.

Menyebabkan depresi dan kemurungan

Efek samping dari makan berlebihan juga dapat memicu peningkatan depresi dan kecemasan. Banyak orang yang makan berlebihan melakukannya untuk memperbaiki mood mereka. Namun, itu hanya membuat Anda makan lebih banyak dan lebih banyak lagi. Makan berlebihan saat tidak lapar sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami depresi. Gejala lain juga dapat terjadi, seperti:
Putus asa, tidak tertarik dengan aktivitas yang biasa Anda nikmati, sedih atau kosong sepanjang waktu, lelah atau sepertinya tidak bertenaga.

Mudah mengantuk

Setelah makan berlebihan, banyak orang mengalami efek samping berupa perasaan lesu atau lelah. Ini mungkin karena fenomena yang disebut hipoglikemia reaktif, di mana gula darah Anda turun sesaat setelah makan besar.

Menyebabkan kembung dan gas berlebihan

Sumber makanan yang bisa menyebabkan kembung dan sering dimakan berlebihan antara lain makanan pedas, berlemak, dan berudara. Kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian tertentu juga bisa menyebabkan kembung, tapi makanlah dengan hemat. Makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan gas dan kembung karena makanan dalam jumlah banyak masuk ke perut dengan cepat.

Mengganggu sinyal lapar

Ada dua hormon utama yang mempengaruhi siklus lapar dan kenyang. Ghrelin merangsang nafsu makan dan leptin menekan nafsu makan (kenyang). Jika Anda sudah lama tidak makan, kadar ghrelin meningkat. Setelah makan, kadar leptin menandakan tubuh sudah kenyang. Namun, makan berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu keseimbangan hormon tersebut. Mengonsumsi makanan yang kaya lemak, garam, atau gula melepaskan hormon bahagia seperti dopamin selama proses pencernaan. Selanjutnya, itu mengaktifkan pusat kesenangan di otak Anda. Jika Anda terlalu sering memakannya, tubuh Anda mungkin mengasosiasikan rasa nikmat dengan makanan ini, yang biasanya tinggi lemak dan kalori.

 

Itulah beberapa efek samping dari makan berlebihan, maka usahakan untuk selalu berolahraga minimal 15 menit setiap hari ya, Brosist. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk gym. Untuk itu lo bisa langsung cek aja ncrsport.com ya