Seseorang yang baru saja selesai berolahraga harus diberi nutrisi yang cukup untuk memulihkan protein otot dan simpanan glikogen atau glukosa.

Protein

Protein memicu pemecahan protein otot ringan dan berat. Protein pasca-latihan yang memadai memasok tubuh Anda dengan asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan membangun kembali protein di otot Anda. Menurut National Institutes of Health, disarankan untuk mengonsumsi 0,14 hingga 0,23 gram protein per pon berat badan (0,3 hingga 0,5 gram/kg) segera setelah berolahraga. Contoh makanan sederhana berprotein tinggi:

1 butir telur mengandung 6 gram protein, ikan salmon, 1 ikan salmon mengandung 20 gram protein, daging ayam, 1 kaki ayam mengandung 24 gram protein, tuna, 1 ikan tuna mengandung 22 gram protein, susu dalam segelas susu mengandung 7,5-8 gram protein

Karbohidrat

Makanan karbohidrat dapat menggantikan simpanan glukosa atau glikogen tubuh, yang digunakan untuk energi selama berolahraga. Olahraga ketahanan seperti berlari dan berenang dapat menguras glikogen. Mengkonsumsi 0,5 hingga 0,7 gram karbohidrat per kilogram berat badan (1,1 hingga 1,5 gram/kg) 30 menit setelah berolahraga dapat menghasilkan resintesis glikogen yang memadai. Konsumsi karbohidrat harus dikombinasikan dengan protein, karena dapat merangsang sekresi insulin. Sekresi insulin dikenal untuk membantu mempromosikan sintesis glikogen. Berikut ini adalah contoh sumber karbohidrat pasca-latihan yang mudah dicerna:
Kentang: 100 gram kentang mengandung 21 gram karbohidrat, nasi: 100 gram nasi mengandung 28 gram karbohidrat, roti utuh: 100 gram roti mengandung 41 gram karbohidrat.

Lemak

Lemak dapat memberikan energi pada tubuh manusia, sehingga menghilangkan rasa lelah dan lemas setelah berolahraga. Plus, lemak juga bisa membuat kulit dan rambut Anda lebih sehat. Diketahui bahwa kulit dan rambut dapat terpapar sinar matahari selama berolahraga. Sebuah penelitian yang dikutip dari situs Everyday Health juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berlemak setelah berolahraga tidak berpengaruh pada sintesis glikogen otot. Terlepas dari itu, sebaiknya batasi jumlah lemak yang Anda makan setelah berolahraga. Contoh makanan berlemak yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga:
Alpukat 45 mg lemak/30 gram, susu rendah lemak 0-2 gram dalam porsi kecil, daging merah (sapi) 100 gram daging mengandung 15 gram lemak.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.